Connect with us

News

Kendalikan OPT, Pertanian Magetan Beli Drone Penyemprot Hama.

Published

on

Kendalikan OPT, Pertanian Magetan Beli Drone Penyemprot Hama.

Rasi Fm – Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magetan mempunyai drone untuk mengatasi organisme penyakit tanaman (OPT) lahan pertanian di Kabupaten Magetan.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Magetan Romadhon mengatakan, pengadaan drone pengendali OPT di Dinas Pertanian dipercepat pada APBD Perubahan tahun 2022 dari perencanaan pengadaan sebelumnya tahun 2023. Hal ini untuk mendorong peningkatan produktifitas pertanian di Kabupaten Magetan. Di Kabupaten Magetan sendiri pelaksanaan penanganan OPT dilakukan seminggu 5 kali.

Baca Juga:  Gubernur; Dana Desa Untuk Konversi Bantuan Tunai Warga Terdampak Covid-19

“Anggaran itu kan anggaran di 2023, karena itu merupakan inovasi baru yang ditangkap oleh dewan akhirnya disuruh ditarik mundur di tahun 2022 PAK. Ini kita beli lewat e katalog yang harganya sudah ditetapkan,” ujarnya.

Romadhon menambahkan, pengadaan drone operasional penanganan OPT dalam APBD Perubahan Kabupaten Magetan tahun 2022 dianggarkan senilai Rp 214 juta.

Baca Juga:  17.293 BANSOS TUNAI COVID19 CAIR

Dinas Pertanian Kabupaten Magetan saat ini sedang membentuk tim gerak cepat penanganan OPT dengan melakukan pelatihan operasional drone bagi operator. Untuk mengoperasikan drone pertanian dibutuhkan sejumlah persyaratan serta jam terbang tertentu bagi operator.

“Dalam satu minggu itu hari libur untuk pengendalian hanya 2 kali. Kita melayani 18 kecamatan jika masing- masing kecamatan tidak bisa mengendalikan secara serentak dari masing masing kecamatan sudah mengedalikan sendiri, kabupaten malakukan pengendalian sendiri selama kita ada waktu untuk melakukan di kecamatan yang berbeda,” imbuhnya.

Baca Juga:  Hari TB Sedunia, Magetan Perkuat Dukungan Untuk Eliminasi TBC Dengan Edukasi Dan Identifikasi.

Dengan keberadaan tim reaksi cepat penanganan OPT nantinya petani bisa memanfaatkan fasilitas drone pengendali OPT melalui Dinas Pertanian Kabupaten Magetan untuk menangani Organisme Pengganggu Tanaman di lahan pertanian milik mereka. (DmS)

 82 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *