Connect with us

Kum&KRIM

Jual Jamu Ilegal, Warga Magetan Diamankan Polisi

Published

on

Jual Jamu Ilegal, Warga Magetan Diamankan Polisi

Rasi Fm – Kepolisian Resor Magetan mengamankan MSHR (38) warga Kelurahan Kepolorejo atas penjualan jamu illegal tanpa ijin dari BPOM. Kapolres Magetan AKBP Yakhob Silvana Delareskha mengatakan, pelaku diamankan di kios jamu miliknya di Kelurahan Kepolorejo karena tidak memiliki ijin edar dan keahlian dibidang kesehatan. Dari pengakuan pelaku mendapatkan jamu yang kebanyakan merupakan jamu kuat tersebut dibeli melalui pembelian online.
“Ini jamu ini tidak mempunyai ijin edar, jadi jamu ini harus ada ijin edarnya, tidak ada Balai POM nya. Dia tidak terdata di Balai Pom. Ini kandungannya lagi kita lab kan, terutama pasti ada kandungan yang berbahaya di dalam jamu ini kalau dikonsumsi. Makanya kita lakukan penyidikan dalam hal ini,” Ujarnya.
Kapolres Magetan AKBP Yakhob Silvana Delareskha menambahkan, dari tangan pelaku polisi berhasil mengamankan puluhan kardus obat kuat yang dijual pelaku dan uang sebanyak Rp 24.000. Pelaku mengaku sudah 10 tahun terakhir menjual jamu kuat untuk pelanggannya. Selama itu pelaku mengaku tidak memiliki ijin untuk menjual maupun mengedarkan jamu yang tidak memiliki ijin BPOM.
“Ini ada beberapa jenis, yang pertama Jakarta Jakarta Bandung, terus obat kuat Gatutkaca, Pasarnya masyarakat sekitar jadi mereka itu belinya secara online dari Jakarta terus dipasarkan,” imbuhnya.
Polisi akan menjerat pelaku dengan Pasal 197 Undang Undang Kesehatan dengan ancaman pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak 1 milyar limaratus juta rupiah. Sementara terkait penjualan jamu illegal Polisi akan menjerat pelaku dengan pasal 196 dengan ancaman hukuman penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak satu milyar rupiah. (DmS)

Baca Juga:  Lomba Film Kementerian Desa, Pemuda Kampung Wonomulyo Filmkan Musik Tongling

 308 total views,  3 views today