Connect with us

Hukum&KRIMINAL

Dinas PMD Akan Turunkan Tim Periksa Terkait Pengembalian Uang Pembangunan Jalan Tembus Sawah di Desa Taji

Published

on

Kasun di Desa Taji Bangun Makam Punden Dari Sisa Uang Membangun Jalan Sawah

Rasi Fm – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa akan menurunkan tim pemeriksaan khusus untuk mendalami pengembalian uang kelebihan pembangunan jalan tembus sawah yang dikerjakan oleh Kasun Selawe Desa Taji. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Magetan Eko Muryanto mengatakan, pihaknya masih menunggu disposisi dari Bupati Magetan untuk menurunkan tim pemeriksaan mengingat laporan terkait pengembalian keuangan pembangunan jalan tembus desa dilaporkan ke Bupati oleh Camat Karas.
“ Menunggu disposisi pak Bupati karena camat laporannya ke pak Bupati saya tembusan. Saya akan turunkan tim, cek dulu. Tidak hanya satu malah, kalau saya maunya semua saya cek. Kan ada beberapa kegiatan itu nanti hasilnya seperti apa. Biasanya kalau ada kejanggalan kita bentuk tim khusus, pemeriksaan khusus dengan inspektorat, arahnya kesana,” ujarnya.
Eko menambahkan, belum bisa memastikan apa yang terjadi dengan permintaan pengembalian sisa uang pembangunan jalan tembus sawah di Desa Taji karena masih menunggu disposisi dari Bupati Magetan untuk menurunkan tim pemeriksa. Eko mengaku akan memetakan apa yang terjadi dengan pengembalian uang sisa pengerjaan jalan tembus sawah di Desa Taji, apakah termasuk kesalahan administrasi atau ada pelanggaran lainnya.
“ Saya biasanya kalau ada masalah begitu, laporan begini saya bentuk tim, nanti turun ke kecamatan turun ke desa cek dulu. Potretnya real seperti apa ada masalah apa. Setelah itu kita bikin hipotesa kita laporkan ke pak bupati. Kalau hipotesa saya hanya mal administrasi ya kita betulkan mal administrasinya. Tapi kalau ada dugaan pelanggaran nanti kita fedbackan ke inspektorat untuk melakukan riksus ulang. Jadi kami nanti sifatnya pemeriksaan awal itu seperti monev gitu,” imbuhnya.

Baca Juga:  Ini Rekomendasi Bupati Magetan Terkait Ribut Ribut Pengembalian Anggaran Pembangunan Jalan di Desa Taji.

Sebelumnya kepala Desa Taji meminta Kasun Selawe mengembalikan sisa uang pembangunan jalan desa sebesar Rp 35 juta dari pagu anggaran 6o juta rupiah dalam pengerjaan pembuatan jalan tembus anggaran tahun 2019. Kepala Desa Taji mengaku melalui rapat desa dengan alasan adanya dugaan penyelewengan anggaran karena sejumlah masyarakat mengeluhkan pembangunan selokan jalan sedalam 2 meter sehingga warga kesulitan melakukan irigasi membuat desa meminta sisa uang pembangunan jalan sawah diembalikan ditambah dengan sejumlah pembangunan jalan dan pengadaan lampu jalan dengan jumlah biaya mencapai 139 juta juga menjadi tanggung jawab kasun.
Kasun Selawe mengaku mengembalikan sisa uang pembangunan jalan tembus sawah dengan uangnya sendiri mengingat sisa uang pembuatan jalan sawah yang dikerjakan tahun 2019 telah digunakan untuk membangun punden desa.(DmS)

Baca Juga:  Permintaan Pembangunan Proyek Senilai 139 Juta Kepada Kasun Desa Taji Tidak Masuk Dalam Pemeriksaan Tim Khusus Inspektorat Magetan

 562 total views,  3 views today