Connect with us

Pendidikan

Cerita SMA N 1 Magetan Bawakan Tarian Kolosal Batu Pengantin di Ulang Tahun yang ke 62 Tahun.

Published

on

Cerita SMA N 1 Magetan Bawakan Tarian Kolosal Batu Pengantin di Ulang Tahun yang ke 62 Tahun.

RASI FM – Sebanyak 82 siswa SMA N 1 Magetan membawakan tari kolosal batu pengantin dalam kegiatan peringatan HUT SMA N 1 Magetan ke 62 tahun. Tari kolosal yang dibawakan oleh siswa siswi SMA N 1 Magetan merupakan upaya mengajak generasi muda untuk mengenal sejarah perjalanan sekolah serta mengenal peninggalan artefak yang ada di sekitar sekolah. Di sekitar lingkungan sekolah SMA N 1 Magetan terdapat artefak batu pengantin, artefak arca reyog serta artefak batu gajah yang merupakan sisa peradaban perjalanan sejarah di Kabupaten Magetan.

Rina guru Pembina tarian kolosal SMA N 1 Magetan mengatakan, melalui pagelaran tari kolosal yang dibawakan oleh 82 siswa dan siswa diharapkan menumbuhkan kecintaan pada lingkungan sekolah dengan sejarah yang menyertai perkembangannya. Melalui pegelaran seni para siswa juga diajak menjaga budaya kearifan lokal serta mengenal peninggalan situs sejarah yang ada di lingkungan sekolah.

Baca Juga:  Setelah SMP, Satgas Covid 19 Magetan Asesmen Sekolah Madrasah Tsanawiyah Untuk Belajar Tatap Muka.

“Kami berharap anak anak tidak melupakan sejarah, bahwa kita itu punya situs karena anak anak sekarang ini tidak mau nguri nguri kearifan local. Dengan pagelaran tersebut anak anak akhirnya tahu oo ada situs di sini, bukannya untuk disajeni atau apa tetapi untuk kita menjaga situs tersebut karena situs tersebut merupakan bagian dari perjalanan sejarah,,” katanya.

Meski sempat terkendala listrik yang padam, namun penampilan tari kolosal SMA N 1 Magetan mampu memukau pengunjung GOR Ki Mageti.

Dalam peringatan HUT SMA N 1 Magetan melaksanakan sejumlah kegiatan kompetisi seperti turnamen bola voli SMAN 1 Magetan atau Smasa Bupati ke-15 yang diikuti 32 tim, Futsal Cup Smasa ke-9 dengan 32 tim peserta serta turnamen futsal junior Smasa Cup ke-4. Kepala Sekolah SMA N 1 Magetan Supardi mengatakan, turnamen dalam rangka HUT SMA N 1 Magetan diikuti pelajar SMA, SMK, MAN, SMP, dan MTS se- Madiun Raya.

Baca Juga:  Bocah Usia 13 Tahun di Magetan Ini Jualan Kopi Untuk Menunggu Pendaftaran Sekolah Dibuka.

“Kami buat event untuk memeriahkan HUT ke-62 SMA N 1 Magetan. Antusiasnya ternyata sangat luar biasa. Untuk peserta turnamen berasal dari pelajar SMA, SMK, MAN, SMP, dan MTS se- Madiun Raya,” katanya.

Bupati Magetan yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, melalui turnamen yang digelar selain memupuk rasa sportifitas juga akan memunculkan para atlit berbakat dari siswa yang berjiwa kompetitif. Bupati yang juga merupakan alumni SMAN 1 Magetan tahun 1975 berharap SMKN 1 Magetan semakin mengukir prestasi baik dari bidang akademisi maupun dari bidang olahraga yang nantinya akan menyumbangkan SDM berkualitas bagi Kabupaten Magetan.

Baca Juga:  Gugah Kesadaran Warga, Kominfo Magetan Gelar Lomba Konten Kreatif Sadar Prokes

”Saya kebetulan alumni juga, waktu itu belum ada satu karena satu satunya SMA di Magetan. Di usai 62 tahun tentu banyak yang dihasilkan baik sebagai tempat pendidikan yang menghasilkan lulusan diberbagai bidang dan dibidang akademik tentu sudah banyak juga yang telah dicapai,” katanya. (DmS)

 725 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *