Connect with us

Politik

Tangani ODGJ, Puskesmas Ngariboyo Punya Kader Hingga Desa

Published

on

Tangani ODGJ, Puskesmas Ngariboyo Punya Kader Hingga Desa

Tangani ODGJ, Puskesmas Ngariboyo Punya Kader Hingga Desa

Rasi Fm – Pemerintah Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan mempunyai kader hingga tingkat desa untuk menangani orang dengan gangguan jiwa ODGJ. Kepala Puskesmas Ngariboyo Dr Siti Maifuroh , selain tim pendamping dari kader disetiap desa Puskesmas Ngariboyo juga melibatkan babinsa dan babinkamtibmas.
”Pemegang program dari puskesmas, PJ desa jadi dari desa masing amsign ada pemegang, kader jiwa, babinsa sama babinkamtibmas. Di situ untuk informasi kalau ada ADGJ baru ada ODGJ tidak minum obat, obatnya habis, kumat itu kita informasikan di situ baru kita tindak lanjuti,” ujarnya.
Siti Maqfuroh menambahkan, untuk pasien yang masih akut mengalami ODGJ tim puskesmas akan melakukan kunjungan rutin sementara untuk pasien ODGJ yang sudah bisa berinteraksi akan diikutkan dalam posyandu ODGJ dengan berbagai kegiatan. Berkat adanya tim penanganan ODGJ di Puskesmas Ngariboyo membuat ODGJ mendapatkan asupan obat, kegiatan seperti menganyam , melukis, menari dan menyanyi serta senam sehingga mereka bisa mengasah kemampuan mereka serta menangani ODGJ yang parah untuk diantar ke rumah sakit jiwa.
“Pasien kita bagi dua pasien yang masih akut dan pasien yang tinggal control. Untuk pasien yang akut kita datangi, jadi misalkan ada pasien yang ngamuki kita datangi kita injeksi, jadi kalau sudah baik kita ikutkan di posyandu jiwa untuk pemantauannya. Kalau masih akut kita pantau oleh kader dan petugas kami,” imbuhnya.

Setiap bulan Pemerintah Kecamatan Ngariboyo melakukan posyandu yang selain melibatkan ODGJ juga melibatkan keluarga penderita ODGJ dengan memberikan pemahaman peran keluarga untuk kesembuhan ODGJ. (DmS).

 37 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *