Connect with us

Politik & Pemerintahan

Selain Efektif, Masyarakat dan Sejumlah Calon Kepala Desa Percaya Pemilihan e Voting Lebih Jujur dan Adil.

Published

on

Selain Efektif, Masyarakat dan Sejumlah Calon Kepala Desa Percaya Pemilihan e Voting Lebih Jujur dan Adil.

RASI FM – Masyarakat menyambut antusias pemilihan kepala desa secara e voting yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Magetan hari Selasa 12 September kemarin. Kasilah (75th) warga Desa Kauman, Kecamatan Karangrejo mengaku tidak mengikuti sosialisasi yang dilakukan Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa, namun dalam pelaksanaan kemarin dia mengaku tidak mengalami kesulitan untuk menunaikan hak pilihnya. Dia mengaku pemilihan kepala desa secara e voting juga lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan kertas suara karena tinggal menyentuh layar computer untuk memilih.

Baca Juga:  Belajar Dari Mbah Suwarno D, Kelompok Tani Yang Tak Pernah Kekurangan Kuota Pupuk Bersubsidi Karena Transparansi

“Sekarang tinggal nutul, tidak susah sekarang. Kemarin tidak ada pelatihan, kalau dulu pakai jarum. Kalau latihan kali ini tidak ada, tapi melakukannya lebih mudah,” ujarnya.

Sementara calon kepala desa yang bertarung dalam piklades e voting di desa Kauman Dhimas Galing Sasangko melawan cakades nomor 2 Emsy Tri Maryani mengaku pemilihan kepala desa secara e voting efektif dari sisi waktu dan lebih praktis. Terkait hasil pemilihan suara melalui e voting dia mengaku ada mekanisme yang bisa dipertanggungjawabkan dengan adanya bukti print hasil pemilihan jika terjadi permasalahan terkait pelaksanaan maupun hasil penghitungan suara.

Baca Juga:  Butuh 15,7 miliar untuk rehabilitasi banjir, Ini 7 Jembatan Yang Rusak Diterjang Banjir.

“Sistem seperti ini lebih mempermudah dan mempercepat dalam pemilihan suara dengan menggunakan alat computer. Terkait hasil kita serahkan kepada panitia,” Ujarnya

Sementara Emsy Tri Maryani mengaku pemilihan kepala desa secara e voting mempermudah masyarakat karena system pelaksanaannya yang mudah dilakukan masyarakat.

“e voting lebih mudah dilakukan karena masyarakat kemarin ada pelatihan sehingga masyarakat tahu bagaimana pelaksanaan e voting,” katanya.

Baca Juga:  Kenakan Kaos Tangan Putih, Gerindra Daftarkan 45 Bacaleg ke KPU.

Pemerintah Kabupaten Magetan menggelar kegiatan pemilihan kepala desa di 30 desa secara serentak dengan menggunkana e voting pada hari Selasa (12/09) kemarin. Meski masih ada sejumlah warga yang belum mendapatkan sosialisasi terkait pelaksanaan pemilihan secara e voting sehingga membuat waktu pemilihan sedikit molor, namun secara keseluruhan system e voting mempermudah warga. (DmS)

VISUAL NEWS klik

 416 total views,  3 views today