Connect with us

Politik

Sehari Lab PCR Mobile Milik Pemkab Magetan Mampu Olah 500 Sample Uji Swab

Published

on

Sehari Lab PCR Mobile Milik Pemkab Magetan  Mampu Olah  500 Sample Uji Swab

Rasi Fm – Mobile container laboratorium real time PCR BSL 2 milik Pemkab Magetan seharga 3,8 Miliar rupiah dalam sehari mampu mengolah 500 sample uji swap. Feri Hidayat Prasetya Manager Pemasaran Pt Karya Putra Andalan selaku penyedia mobil laboratorium PCR mengatakan, mobile container laboratorium real time PCR BSL 2 milik Pemkab Magetan memiliki 2 unit PCR dimana 1 unit mampu menampung 32 sample uji swap. Dalam sekali proses 2 mesin PCR akan mampu mengolah 64 uji sample swap. Dengan 8 kali proses sample uji swap maka dalam sehari laboratorium mobile PCR pemkab Magetan mampu mengolah 500 uji sample swap covid 19. Waktu yang dibutuhkan juga tidak lama karena hanya butuh 2 hingga 3 jam hasil uji sample swap covid 19 sudah bisa diketahui.
“Ini PCRnya ada 2 unit dengan kapasitas masing masing 32 sampling. Sekali masuk kalau jalan semua 64. Itu dari proses pengambilan sample pipettingnya, ekstraksi , PCR sampai keluar hasil butuh waktu 2 hingga 3 jam sudah diketahui. Sehari kalau 500, 8 kali proses,” ujarnya.
Untuk menangani covid 19 Pemerintah Kabupaten Magetan memiliki laboratorium PCR mobile diberi label mobile container laboratorium real time PCR BSL 2 yang beli oleh pemerintah daerah seharga 3,8 miliar rupiah. Selain mampu mengolah sample uji swap covid 19 mobile container laboratorium real time PCR BSL 2 juga dilengkapi dengan peralatan pengolah limbah medis. Sehingga limbah dari laboratorium mobile sangat aman untuk lingkungan. Tingkat keamanan laboratorium mobile juga sangat maksimal karena ruang laboratorium dibangun dari 3 lapisan bahan yang mampu menjaga ruang laboratorium tetap steril dari pengaruh lingkungan di luar.
“Limbahnya medis itu adalah kayak limbahnya swab, bekasnya pipetting kayak chip chipnya itu ada mesinnya namanya auto claff. Auto claff itu adalah pemanas itu nantinya virus apapun akan dibunuh disitu, Keluarnya limbah bersih tidak terkontaminasi virus atau apapun itu,” imbuhnya.
Selain memiliki laboratorium mobile, pemerintah daerah Kabupaten Magetan juga telah membangun laboratorium PCR di RSUD Sayidiman untuk menangani virus covid 19. Dengan memiliki laboratorium di RSUD Dr Sayidiman nantinya hanya butuh waktu 4 jam untuk mengetahui hasil swap.(DmS).

 85 total views,  6 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *