Connect with us

Hukum&KRIMINAL

Perusahaan Mitra Kerja Peternak di Desa Tunggur Seharusnya Ikut Bertanggung Jawab Terkait Lalat dan Bau Menyengat Kotoran Ayam


Published

on

Perusahaan Mitra Kerja Peternak di Desa Tunggur Seharusnya Ikut Bertanggung Jawab Terkait Lalat dan Bau Menyengat Kotoran Ayam

Rasi Fm – Perusahaan mitra kerja peternak ayam di Desa Tunggur seharusnya ikut bertanggung jawab dengan keluhan warga terkait banyaknya lalat dan bau menyengat dari kotoran ayam disaat musim penghujan. Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Magetan Santi Trisnawati mengatakan, kemitraan antara peternak di Desa Tunggur dengan perusahaan sayangnya tidak melibatkan Dinas Peternakan Magetan sehingga sejumlah ketentuan yang seharusnya juga menjadi tanggung jawab perusahaan seperti penanganan kotoran ayam tidak bisa terpantau.
“Rata-rata mereka di Desa Tunggur ini kan kebanyakan kemitraan. Kemitraan itu kan untuk dilakukan pembinaan di dinas kami ada. Sejauh ini kan mereka bermitra dengan perusahaan itu tanpa melibatkan OPD Peternakan,” ujarnya.
Santi menambahkan, karena secara tekhnis  ijin gangguan atau HO saat ini tidak ada membuat Dinas Peternakan hanya bisa memberikan pembinaan terkait syarat keberadaan kandang kepada peternak ayam. Namun dengan system kemitraan seharusnya perusahaan ikut bertanggung jawab terhadap permasalahan pengelolaan kotoran ayam yang dialami peternak ayam di Desa Tunggur selaku mitra dari perusahaan tersebut.
“Ya secara tekhnis karena ijin berusaha sekarang ini tidak ada HO dan sebagainya otomatis dari kita hanya membina ini syarat yang harus ada di peternakan. Cuma kan yang bermitra dengan ini kan sebaiknya juga menerapkan itu, kadang mereka sudah memberikan managemen bio security itu salah satunya untuk desinfeksi kandang itu,” imbuhnya.
Sebelumnya warga Desa Tunggur mengeluhkan lalat dan bau menyengat kotoran ayam dari kandang ayam yang berada tak jauh dari pemukiman warga. Di Desa Tunggur setidaknya terdapat 25 kandng ayam yang letaknya tak jauh dari rumah warga.(DmS)

Baca Juga:  Kenang Kepergian Didi Kempot, Keluarga Rilis Lagu Ojo Sujono

 573 total views,  3 views today