Connect with us

News

Peduli Lansia RSUD Sayidiman Magetan Gelar Kegiatan Visitasi dan Baksos Geriatri di UPT Pelayanan Sosial Tresna Wedha Magetan.

Published

on

Peduli Lansia RSUD Sayidiman Magetan Gelar Kegiatan Visitasi dan Baksos Geriatri di UPT Pelayanan Sosial Tresna Wedha Magetan.

RASI FM – Peduli terhadap kesehatan lansia yang berada di UPT Pelayanan Sosial Tresna Wedha Magetan, Rumah Sakit Sayidiman Magetan menggelar kegiatan Visitasi dan Baksos Geriatri sebagai kegiatan rutin tahunan. Kabid Pelayanan, RSUD Sayidiman Magetan dr. Dinne Fitriya,MSc, Sp.PK, mengatakan, acara yang dilaksanakan oleh tim geriatric merupakan tim yang menangani kesehatan warga lansia dihadiri sekitar lebih dari 100 lansia dengan memberikan pelayanan kesehatan, edukasi dari dokter penyakit dalam, dari spesialis kesehatan jiwa, tausiah, senam kesehatan serta screaning kesehatan.

“Kegatan ini berkala kita lakukan ini kali ke 3 dilakukan oleh tim geriatri. Ini kegiatan social dari RSUD Sayidiman untuk juga ikut berkontribusi kepada masyarakat di sekitaranya salah sataunya dengan kegiatan visitasi dan baksos lansia hari ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Positif Covid19 Bertambah 7 Orang, Pemkab Magetan Akan Batasi Jam Operasi Rumah Makan dan Cafe

Dari kegiatan Visitasi dan Baksos Geriatri di UPT Pelayanan Sosial Tresna Wedha Magetan mayoritas lansia dalam kondisi sehat meski sejumlah lansia mengalami ganguan kesehtaan ringan seperti hipertensi. Kegiatan pemeriksaan kesehatan juga dilakukan untuk lansia yang tidak bisa hadir di ruang pertemuan UPT Pelayanan Sosial Tresna Wedha dengan mendatnagi kamar tempat tinggal mereka. Kegiatan Visitasi dan Baksos Geriatri UPT Pelayanan Sosial Tresna Wedha Magetan juga dilaporkan ke Dnas Kesehatan sebagai upaya koordinasi langkah yang diambil jika diperlukan tindak lanjut terhadap kondisi kesehatan lansia.

Baca Juga:  Dibersihkan Dari Cat Hitam, Patung Gubernur Soerjo Kembali Berwajah Emas.

“Kegiatan ini kita juga melaporkan ke Dinas Kesehatan. Kebetulan untuk panti werdha ini untuk super visi kesehatannya di Puskesmas candi sehingga kami secara formal dan non formal kemarin sonding dengan pengelola puskesmas candi apabila memang nanti lansia disini perlu tindak lanjut kesehatannya bisa di supervise puskesmas candi,” imbuhnya.

Lansia yang rentan terhadap kondisi kesehatan dan fisik mereka, Dinne Fitriya berharap pengelola UPT Pelayanan Sosial Tresna Wedha Magetan berharap sejumlah kegiatan seperti membaca Alquran dilaksanakan untuk mencegah pikun, tetap beraktifitas untuk menjaga kebugaran dan daya fikir serta tetap melakuakn pekerjaan ringan untuk menjaga massa otot. RSUD Sayidiman Magetan siap menerima tindak lanjut dari kebutuhan pelayanan kesehatan lansia.

Baca Juga:  Santunan Pasien Meninggal Karena Covid 19 cair, Masih Ada Puluhan Pasien Meninggal Asal Magetan Yang Belum Diajukan

“Kita harus menjaga terkait nutrisi, beliau paling sering lupa atau minta makan berulang ulang. Resiko jatuh karena secara kebugaran fisiknya juga telah melemah, juga harus tetap beraktifiktas supaya kesehatan fisiknya terjaga dan kita sarankan lansia untuk berkomunitas untuk ngobrol, sering baca Alquran untuk mengurangi kepikunan“. (DmS)

VISUAL NEWS klik

 630 total views,  3 views today