Connect with us

News

Masuk Musim Kemarau, Petani di Magetan Memilih Mencari Pasir dan Batu.

Published

on

Masuk Musim Kemarau, Petani di Magetan Memilih Mencari Pasir dan Batu.

RASI FM – Sejumlah petani di Desa Pendem, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan memilih bekerja mencari pasir dan batu kali di sungai yang mengalir disawah mereka. Disaat memasuki kemarau mereka memanfaatkan sungai yang mulai mengering dengan mengambil batu dan pasir yang ada di aliran sungai tersebut.
Joko salah satu petani Desa Pendem mengatakan, kemarau membuat sejumlah lahan pertanian di Magetan mengering dan tidak bisa ditanami sehingga sebagian petani beralih profesi menjadi penambang pasir dan batu kali.

Baca Juga:  Sentra Terpadu Kartini di Temanggung akan Launching Layanan "LATIH ADIKKU" di Madiun

“Kalau masuk musim kemarau banyak lahan sawah yang mengering, tidak bisa ditanami. Kami manfaatkan batu dan pasir yang ada disungai untuk dinaikkan, nanti ada yang membeli,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemprov Jawa Timur Lirik Kopi Liberika dan Anyaman Bambu di Magetan Menjadi Desa Devisa.

Joko menambahkan meski tidak setiap hari pasir dan batu kali laku di beli masyarakat, namun kegiatan mencari pasir dan batu kali bisa menjadi penghasilan tambahan buat mereka disaat musim kemarau dan lahan mereka tidak bisa ditanami. Dalam sehari mereka mengaku mendapat penghasilan tambahan sebesar Rp 20.000 sampai Rp 30.000.

Baca Juga:  Al Ghazali berkarya lagi !

“Ini kan. Bisa dibilang pekerjaan sampingan, dalam sehari kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan Rp 20.000 sampai 30.000,” imbuhnya.

Profesi sebagai penambang batu dan pasir mereka lakukan selama musim kemarau tiba. Biasanya musim kemarau bisa berjalan dari 3 hingga 6 bulan sebelum musim tanam tiba. (DmS).

 587 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *