Connect with us

Magetan's

Kasus DBD Melonjak, Dinkes Magetan Catat Banyak Kasus Demam Dengue.

Published

on

Kasus DBD Melonjak, Dinkes Magetan Catat Banyak Kasus Demam Dengue.

Rasi Fm – Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan mencatat kasus DBD di Bulan Januari tahun 2022 mengalami lonjakan tajam dibandingkan tahun 2021 silam. PLT Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Rohmat Hidayat mengatakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan mencatat ada 47 kasus DBD selama Bulan Januari 2022. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan kasus DBD pada tahun 2021 lalu yang tercatat 23 kasus DBD.
“Dibulan Januari ini terjadi lonjakan kasus demam berdarah dibandingkan periode yang sama tahun 2021 di bulan Januari itu ada 23. Untuk saat ini di Bulan Januari tahun 2022 kami ada 47 kasus. Dari semua kasus tidak semua termasuk demam berdarah dengue, ada yang hanya sekedar demam dengue. Dilihat nilai labnya ada penurunan trombosit tapi masih diatas 100.000 kita sebutnya demam dengue. Kalau demam berdarah dengue itu ada penurunan trombosit hingga dibawah 100.000, kadar hemoglobinnya meningkat 20 persen termasuk hematokritnya 20 persen itu jelas demam berdarah dengue atau dhf. Jadi sebagian kasus yang kita tangani demam dengue,” ujarnya.
Rohmat Hidayat menambahkan, meski tercatat 47 kasus namun sebagian kasus DBD merupakan demam dengue yang belum termasuk kategori demam berdarah. Demam dengue merupakan gejala ringan demam berdarah dimana penderita mengalami penurunan trombosit namun masih di atas 10.000. Sementara Demam Berdarah Dengue DBD ditandai dengan turunnya trombosit hingga dibawah 100.000.
Meski ada lonjakan kasus DBD namun sampai saat ini belum tercatat adanya korban meninggal karena DBD. (DmS)

Baca Juga:  Musim Hujan, Dinas Pertanian Magetan Peringatkan Hama Potong Leher pada Padi

 224 total views,  3 views today