Connect with us

Magetan's

Ini Kondisi Bendung Selotinatah Setelah Diterjang Banjir.

Published

on

Ini Kondisi Bendung Selotinatah Setelah Diterjang Banjir.

Rasi Fm – Selasa malam bendung Selotinatah Kabupaten Magetan diterjang banjir dari Sungai Beringin. Kepala Bidang Sumber Daya Air SDA Dinas PUPR Yuli Iswahyudi mengatakan, bendung Selotinatah sempat dilewati air setinggi 30 centimeter. Banjir disebabkan tinggi intensitas curah hujan yang turun dari pukul 18:00 hingga pukul 20:00 WIB hingga Sungai Beringin tak mampu menampung air hujan. Banjir disebabkan lamanya intensitas hujan turun sehingga Bendung Selotinatah tak lagi mampu menampung air hujan.
“Curah hujan dari laporan yang kita terima hampir 100, tapi merata di sekitar wilayah Ngariboyo ke Selatan dan durasinya lama. Ini yang menyebabkan luapan di sungai sungai maupun di bangunan irigasi kita,” ujarnya.
Yuli menambahkan, akibat luberan air sungai yang melompati bangunan bending membuat sejumlah fasilitas pengatur air mengalami kerusakan yang membuat puluhan hektar sawah akan mengalami kesulitan pengairan. Melubernya air dari Bendung Selotinatah juga membuat timbunan pengaman pondasi Bendung mengalami erosi. Meski demikian banjir belum mempengaruhi struktur bangunan bending yang terbuat dari beton.
“Visual embungnya tidak mengalami pergerakan, yang penting itu dulu jadi aman. Embung ini dulu dibuat dari beton, beda kalau dari timbunan tanah. Kalau dilewati air pakai timbunan tanah pasti larut, nah ini pakai beton. Di Bagian hilir dari kontruksi itu yang terganggu. Nampak timbunan bagian untuk menutup bagian hilir ini ikut terbawa arus,” imbuhnya.
SDA mengaku akan segera melakukan koordinasi dengan BPBS DAS Solo untuk melakukan penanganan terkait sejumlah kerusakan yang diakibatkan oleh luapan sungai Beringin. (DmS)

Baca Juga:  Larang Buang Limbah Ke Sungai, Pemkab Magetan Wajibkan Pemilik Sapi Perah Di Singolangu Menumpuk Kotoran Sapi

 181 total views,  3 views today