Connect with us

Magetan's

Hujan Deras Di Magetan Merendam Puluhan Rumah dan Merusak Aliran Irigasi

Published

on

Hujan Deras Di Magetan Merendam Puluhan Rumah dan Merusak Aliran Irigasi

Rasi Fm – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Magetan Selasa malam membuat puluhan rumah di Desa Banjar Panjang dan Desa Mangunrejo terendam banjir . Khoirudin salah satu warga Desa Mangunrejo mengatakan, banjir yang terjadi pada pukul 8 malam datang secara tiba tiba. Selain karena hujan yang cukup deras, banjir juga disebabkan oleh rumpun bambu yang teseret arus sungai sehingga menyumbat jembatan penghubung antara Desa Desa Banjar Panjang dan Desa Mangun Rejo sehinga air sungai meluap kerumah penduduk.
“Meluap karena tersumbat bambu. Masuk rumahnya 70 centi,banjirnya jam 8 sampai jam 10. Dulu ernah banjir tapi nggak pernah besar, baru sekali ini banjir besar seumur saya,” ujarnya.
Sementara Sekretaris Desa Mangunrejo Lukito mengatakan, selain merendam puluhan rumah warga di Desa Mangun Rejo dan Desa Banjar Panjang banjir juga menyumbat saluran irigasi berupa terowongan sepanjang 250 meter. Akibat saluran terowongan yang tersumbat lumpur banjir membuat petani kesulitan mendapatkan air untuk masa tanam ke 2. Lahan yang terancam tidak mendapat pengairan sebanyak 150 hektar.
“Karena ada terowong, didepannya itu menggunung lumpurnya. Ini aliran untuk mengairi sawah sekitar 150 hektar, kita nanti akan koordinasi dengan dinas terkait dan kecamatan nanti bisa berkoordinasi,” imbuhnya.
Sebelumnya hujan intensitas cukup deras mengguyur Kabupaten Magetan sejak Selasa pagi. Akibat hujan deras selain menggenangi perumahan sejumlah desa juga merusak sejumlah bangunan dam dan embung. (DmS)

Baca Juga:  Pos Cemoro Sewu Terima Laporan Satu Pendaki Tewas dan Satu Pendaki Terpisah dari Rombongan

 144 total views,  3 views today