Connect with us

Politik

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Magetan Sosialisasikan Integrasi Pamsimas Dengan Bumdes.

Published

on

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Magetan Sosialisasikan Integrasi Pamsimas Dengan Bumdes.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Magetan Sosialisasikan Integrasi Pamsimas Dengan Bumdes.

Rasi Fm – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magetan mensosialisasikan integrasi pengelolaan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat PAMSIMAS ke unit Badan Usaha Milik Desa Bumdes. Staff Bidang Ekonomi Agus Suhadi mengatakan, Pamsimas di Kabupaten Magetan saat ini banyak yang berdiri sendiri melalui pengelolaan pamsimas, padahal idealnya untuk lebih menjamin pengembangan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebaiknya pamsimas diintegrasikan ke Badan Usaha Milik Desa.
“Inikan selama inikan banyak yang berdiri sendiri. Sekarang dampaknya kalau berdiri sendiri kalau untuk pengembangan dia hanya mengandalkan dari pemasukan saja, tapi kalau itu sudah jadi bumdes kan desa bisa penyertaan modal disana dan bisa menambah saluran segala macam. Kalau Bumdes memang tidak semata mata mencari keuntungan tapi lebih ditekankan kepada pelayanan jadi kehadirannya memang benar benar melayani masyarakat,” ujarnya.
Agus menambahkan, integrasi pamsimas dengan bumdes harus melalui mekanisme musyawarah desa musdes. Namun dari lebih 40 pamsimas yang ada di Kabupaten Magetan baru satu pamsimas Desa Ngadirejo Kecamatan Kawedanan yang telah terintegrasi ke Bumdes. Terkait pengurus, pengelola pamsimas tergantung dari hasil musyawarah desa apakah dipertahankan menjadi pengurus pamsimas dibawah bumdes atau melakukan pemilihan pengurus baru.
“ Kegiatan ekonomi desa ini sebenarnya yang dikelola oleh desa sebaiknya dimusdeskan dulu. Kalau mau masuk ke bumdes, dulu kan hanya ditunjuk pengelolanya saja, tapi kalau ingin menjadi bumdes ya semuanya harus melalui mekanisme musyawarah desa. Itu lebih bagus,” imbuhnya.
Sebelumnya sejumlah pengelola pamsimas di sejumlah desa di Kabupaten Magetan mengalami permasalahan pengelolaan. Dari tidak bisa beroperasi seperti pamsimas di Desa Gebyog yang akhirnya bisa disehatkan dengan penyertaan modal dari desa dan pembenahan pengelolaan hingga pengelolaan pamsimas Desa Sidokerto yag dikeluhkan warga karena selama 2 tahun lebih banyak tidak mengalir. (DmS).

 37 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *