Connect with us

Budaya&Pariwisata

Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan Targetkan PAD 13 Miliar Dari Wisata Libur Lebaran Bisa Tercapai

Published

on

Wajib Vaksin, Pemkab Magetan Batasi Kapasitas Telaga Sarangan 15.000 Wisatawan.

Rasi Fm – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan targetkan pendapatan asli daerah dimasa libur lebaran akan mencapai 13 miliar rupiah. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan Joko Trihono mengatakan, target 13 miliar rupiah merupakan hasil dari rencana pembangunan jangka menengah RPJM pemerintah Kabupaten Magetan.
Tahun 2021 lalu pemerintah Kabupaten Magetan juga mentargetkan besaran PAD yang sama untuk pendapatan dari dunia pariwisata, namun capaian target pendapatan PAD hanya terpenuhi sebesar 68 persen dikarenakan adanya pandemic covid 19.
“Kalau target kami mengacu kepada PAD karena itu menjadi pedoman kinerja kami. Sampai saat ini dari pengalaman tahun kemarin kami belum mencapai target. Seperti kemarin karena pandemi masih fluktuatif dinamika perpanjangan sehingga target kami hanya mencapai 68 persen dari target sebagai pembanding kami dari tahun sebelumnya. Target RPJM tahun ini 13 miliar setahun. Kalau tahun ini terpenuhi 13 miliar maka didalam perubahan keuangan target ini akan kita naikan,” ujarnya.
Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan memperkirakan jumlah pengunjung destinasi wisata akan mengalami lonjakan di hari libur lebaran tahun ini mengingat 2 tahun terakhir destinasi wisata sarangan ditutup total karena pandemic covid 19. Lonjakan jumlah pengunjung juga diperkirakan libur panjang yang diberlakukan pemerintah di Hari Raya Idul Fitri.
Sejumlah langkah antisipasi telah diambil Dinas Pariwisata Kabupaten Magetan untuk mengantisipasi over kapasitas pengunjung telaga sarangan dengan pengalihan arus lalu lintas dan pengalihan tujuan wisata alternative di sekitar sarangan seperti desinasi wisata Mojosemi Park, Geni Langit, Taman Bunga Refugia, serta destinasi wisata cemoro sewu. (DmS)

Baca Juga:  Peringati HUT Kemerdekaan ke 76 RI, 85 Napi Rutan Magetan Dapat Remisi dan Satu Bebas.

 691 total views,  3 views today