Connect with us

Politik

27.000 NIK Penerima Bantuan Sosial di Magetan Bermasalah

Published

on

27.000 NIK Penerima Bantuan Sosial di Magetan Bermasalah

27.000 NIK Penerima Bantuan Sosial di Magetan Bermasalah

Rasi Fm – Nomor Induk Kependudukan / NIK warga Magetan penerima bantuan sosial disinyalir bermasalah di data Kementrian Sosial. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan Yayuk Sri Rahayu mengatakan, sebanyak 27.000 NIK warga Magetan yang terdata di Kementrian Sosial dinyatakan tidak valid. NIK yang tidak valid biasanya terjadi pada kesalahan penulisan nama dan ejaan penerima bantuan sosial pada waktu pendataan, sehingga data tersebut tidak sinkron dengan Data Kemetrian Sosial.
“ Ada 27.000 NIK yang tidak valid. Saat ini masih dikerjakan dari Kemensos. 27.000 NIK tidak valid itu misalnya dalam 1 KK misalnya ada 4 anggota rumah tangganya. Di KK itu Ada 4 anggota keluarganya tapi di DTKS itu baru 3. Berarti itu bisa dikatakan NIK tidak valid,” ujarnya.
Yayuk menambahkan, dengan tidak validnya NIK warga Magetan penerima bantuan sosial bisa saja berakibat warga yang terdaftar sebagai penerima bantuan social tidak menerima bantuan lagi. Dinas Sosial Magetan belum bisa memastikan seberapa berdampak nantinya perbaikan data NIK yang tidak valid terhadap jumlah penerima bantuan sosial di Magetan.
“Bisa juga akhirnya karena seperti ini akhirnya tidak bisa menerima manfaat, kemudian PBI BPJS nya dinonaktifkan oleh Kementrian, hal seperti itu. Ini saat ini sedang perbaikan data itu,” imbuhnya,

Baca Juga:  Ini Langkah BPBD Magetan Antisipasi Bencana Hydrometereologi

Saat ini Dinas Sosial dan Kementrian Sosial masih melakukan pendataan ulang terkait 27.000 NIK tidak valid warga Magetan tersebut. (DmS)

Baca Juga:  Kunjungi Rumah Sakit, Ini Yang Disampaikan Bupati Magetan.

 171 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *