Connect with us

Politik

Tahun 2021 Pemkab Magetan Akan Bangun Belasan Embung.

Published

on

Tahun 2021 Pemkab Magetan Akan Bangun Belasan Embung.

Tahun 2021 Pemkab Magetan Akan Bangun Belasan Embung.

Rasi Fm – Pemerintah Kabupaten Magetan akan membangun belasan embung untuk mengatasi kebutuhan air bagi pengairan lahan sawah petani. Kasie Penyediaan Dan Pengelolaan Air Dinas Pekerjan Umum Kabupaten Magetan Ahmad Ulinnuha mengatakan, dari belasan embung yang akan dibangun tahun 2021 mendatang 3 diantaranya merupakan embung berukuran besar dengan ukuran antara 3 hingga 5 hektar sementara 10 embung diantaranya berukuran antara setengah sampai satu hektar. Satu embung besar dari 3 embung yang masuk perencanaan bahkan tahun ini telah selesai dibangun yaitu embung pendem.
“Kalau embung pendem itu 3,1 hektar. Joketro, 3,9 kalau idak salah yang Banjarejo nanti 4,9 hektar. Pelaksanannya nanti BPDS. Untuk yang skala skala kecil hanya setegah hektar satu hektar banyak. Yang punya desa itu kita kembangkan. Terung, Campursari, satu lagi Ringin agung, ” ujarnya.
Ahmad Ulinnuha menambahan, pemerintah daerah tahun depan akan fokus membangun sekitar 10 embung kecil berukuran setengah hingga 1 hektar dimana pengerjaannya nanti ditangani oleh pemerintah daerah dan akan diserahkan kepada desa untuk dikelola. Embuh kecil di 10 desa yang akan dibangun merupakan embung yang akan dibangun di lahan asset desa sehingga tidak memerlukan kegiatan pembebasan lahan.
“yang kecil kecil kita memang orientasinya arah pembangunan embung skala kecil yang bisa kita kerjakan dan tanpa pembebasan kita kerjakan karena kalau pembebasan butuh proses. Sebetulnya leadernya permas nanti kita hibahan milik desa, nanti pelaksananya PU,” imbuhnya.
Sebeumnya pemerintah daerah Kabupaten Magetan akan membeli satu alat berat untuk mempermudah pelaksanaan pengerjaan dan pemeliharaan sejumlah embung. Taun 2021 Pemrintah Kabupaten Magetan mentargetkan pembangan 3 embung dalam kapasitas yang cukup besar. (DmS)

 73 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *