Connect with us

Politik

Melongok Kesadaran Warga Kelurahan Selosari Membangun Taman

Published

on

Melongok Kesadaran Warga Kelurahan Selosari Membangun Taman

Melongok Kesadaran Warga Kelurahan Selosari Membangun Taman

Rasi Fm – Kesadaran warga untuk membuat lingkungan lebih asri dengan tanaman bunga dan sayur sayuran membuat puluhan warga Kelurahan Selosari Kabupaten Magetan tergerak membuat taman. Salah satu warga Selosari Indah Sunardi mengatakan, kebutuhan taman untuk anak anak bermain membuat warga bahu mambahu menggatasi kesulitan membuat taman. Salah satu warga yang rela meminjamkan lahan seluas 20 kali 20 meter kemudian diisi dengan tanaman bunga dan sayuran oleh warga secara sukarela. Pembuatan taman Selonoto di Selosari tanpa mengandalkan anggaran dari desa, tetapi dibangun dari kesadaran warga dengan cara menyumbang bunga.
“Dulunya tanah kosong kebun jati. Tujuan awal taman bunga, kita belinya bukan bunga yang mahal, bukan beli sebanyak ini, sedikit tapi kita kembangkan sendiri. Tapi ada warga yang punya bawa kesini juga ada. Atau ada warga yang tidak punya disini boleh ambil,” ujarnya.
Untuk perawatan taman Selonoto, warga bahu membahu dengan cara bergiliran mendapat tugas untuk membersihkan dan menyirami puluhan jenis bunga yang tumbuh subur di area taman. Selain menanam bunga dan sayuran, warga juga membuat gazebo untuk beristirahat, track sepeda untuk anak anak serta kolam ikan. Warga juga mengupayakan aquaponik sebagai fungsi ketahanan pangan sehingga selain berfungsi sebagai taman juga berfungsi menghasilkan ikan dan sayuran.
“Setiap hari ada piket, kita bentuk piket anggotanya setiap piket 3 orang warga total 28. Ini kemarin sesuai dengan arahan tahun lalu kalau bisa ada seperti ketahanan pangan karena musimnya pandemic. Jadi kita cobakan dulu tong ini sayuran dengan ikan,” imbuhnya.
Berkat keuletan warga mengelola taman, Taman Selonoto saat in masuk dalam penilaian lomba kampung iklim yang diadakan Kementerian Lingkungan Hidup. (DmS)

Baca Juga:  4 Kelurahan di Kabupaten Magetan Ikuti Program Kampung Iklim

 226 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *