Connect with us

Politik

RPH Magetan Full Boking Jelang Idul Adha, Ini Langkah Dinas Peternakan Magetan.

Published

on

RPH Magetan Full Boking Jelang Idul Adha, Ini Langkah Dinas Peternakan Magetan.

RPH Magetan Full Boking Jelang Idul Adha, Ini Langkah Dinas Peternakan Magetan.

Rasi Fm – Jelang Hari Raya Idul Adha Rumah Pemotongan Hewan RPH di Kabupaten Magetan telah menerima permintaan pemotongan hewan kurban sebanyak 80 ekor. Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan Nanik Sumartini mengatakan, permintaan penyembelihan hewan sebanyak 80 ekor membuat jadwal penyembelihan hewan di RPH Magetan disaat hari tasyrik sudah penuh. Kapasitas penyembelihan hewan di RPH Magetan sendiri dalam satu hari sebanyak 20 ekor.
Hari tasyrik merupakan waktu penyembelihan hewan qurban selama 3 hari setelah hari Raya Idul Adha (10 Zulhijah), yaitu yaitu 11, 12, dan 13 Zulhijah, dimana penyembelihan hewan untuk diberikan kepada orang banyak diluar hari tasyrik dianggap bukan sebagai qurban.
“ Kita juga memberikan saran untuk memotongkan hewan ke RPH. RPH Magetan ada 2 kita yang satu Plaosan yang satu Magetan. Kapasitas sekitar 20 ekor. Yang daftar 80an. Mentok 4 hari selama hari H sampai hari tasrik,” ujarnya. Selasa (21/07/2020).
Sementara Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan Santi Trisnawati mengatakan, Dinas Peternakan saat ni telah melakukan pembinaan terhadap tenaga penyembelih hewan kurban agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain melakukan pembinaan terhadap takmir masjid terlait penyembelihan hewan kurban Dinas Peternakan juga memberikan bantuan sarana dan prasarana berupa peralatan pisau dan terpal serta besek untuk mengemas daging di 3 kecamatan yaitu kecamatan Sukomoro, Kecamatan Bendo dan Kecamatan Kawedanan .
“Kita dari Dinas Peternakan dan Perikanan ini ada bantuan sarana dan prasarana untuk beberapa takmir masjid yang kita adakna tahun 2020 ini utuk 3 kecamatan yaitu kecamatan Sukomoro, Kecamatan Bendo dan Kecamatan Kawedanan . berupa terpal, pisau kemudian wadah untuk penanganan dagingnya berupa besek,” katanya.
Jelang Idul Adha Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan juga gencar melakukan pemeriksan kesehatan hewan sapi dan kambing dipasar hewan untuk memastikan hewan kurban sesuai ketetuan yang berlaku.Tahun 2019 jumlah hewan sapi yang di sembelih untk korban sebanyak 2000 ekor dan kambing sebanyak 12.000 ekor. (DmS)

 25 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *