Connect with us

Magetan's

Ribuan Warga Desa Sukowidi Mengikuti Program PTSL.

Published

on

Ribuan Warga Desa Sukowidi Mengikuti Program PTSL.

Rasi Fm – Ribuan warga Desa Sukowidi Kabupaten Magetan mengikuti program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk melegalkan kepemilikan lahan mereka. Ketua Pokmas Desa Sukowidi Jaenuri mengatakan, sebanyak 1.380 warga saat ini mulai melengkapi berkas pengurusan PTSL lahan mereka. Program PTSL kali ini merupakan program pertama kali yang dilaksanakan di Desa Sukowidi. Desa Sukowidi sendiri memiliki lebih dari 2.000 petak lahan berbagai ukuran.
“Sekarang 1380. Sekarang kirim scand dan input, jadi Maret harus selesai nanti Mei pengecekan pencocokan sama BPN nanti Desember sudah clear,” ujarnya

Baca Juga:  Mahasiswa Program Pendidikan Setara D 1 ATK Yogyakarta di Magetan Mulai Praktek di LIK Magetan.

Jaenuri menambahkan, dari 1.380 dokumen saat ini tinggal menunggu pengiriman dokumen secara online. Sebelumnya sejumlah kendala seperti pengukuran lahan yang lumayan sulit karena seluruh lahan berada di ketinggian yang berbeda karena lahan warga berada di lereng tebing yang menyulitkan petugas pengukur. Warga juga masih kesulitan menunjukkan letter C lahan yang mereka ikut sertakan dalam program PTSL karena kebanyakan lahan warga masih bersatatus milik orang tua mereka.
“Soalnya alamat tanah tidak jelas di SPPT, kurang memahami dari masyarakat sendiri. Semua urunan yang garap tanah itu, mereka urunan umpama 15 ribu digarap orang 5 (untuk membayar SPPT). SPPT yang keluar disini 1250,” imbuhnya.
Dengan adanya program PTSL warga Desa Sukowidi berharap seluruh tanah yang ada di Desa mereka bisa lolos mengikuti program PTSL sehingga mereka mendapat kejelasan hukum atas lahan milik mereka. (DmS).

Baca Juga:  Atap Keropos, Seorang Pekerja Renovasi Pasar Baru Magetan Terjatuh

 220 total views,  9 views today