Connect with us

Magetan's

Ratusan Hektar Tanaman Padi di Magetan Terancam Serangan Wereng.

Published

on

Ratusan Hektar Tanaman Padi di Magetan Terancam Serangan Wereng.

Rasi Fm – Ratusan hektar tanaman padi siap panen di Magetan terancam serangan hama wereng. Kasi Perlindungan Tanaman Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPH-PKP) kabupaten Magetan Suradi mengatakan, hingga awal bulan Maret sebanyak 4,5 hektar tanaman padi petani dilaporkan terserang hama wereng yang akan mengancam ratusan hektar tanaman padi siap panen milik petani lainnya.
“Untuk yang wereng minggu kemarin 4,5 hektar yang kena, dampaknya 400 an hektar. Dampak yang harus di kendalikan sekitar 400 hektar. Tapi itu masih berkembang kalau situasi hujannya masih begini mungkin masih ada peningkatan serangan yang akan bergeser ke selatan seperti ke Takeran ke Nguntoronadi,” ujarnya.
Suradi menambahkan, untuk mencegah penyebaran hama wereng dinas pertanian telah melakukan kegiatan penyemprotan secara serentak di lahan yang diserang wereng. Dinas pertanian saat ini juga telah menyiapkan obat semprot sebanyak 2.000 liter yang siap diaplikasian kepada kelompok tani. Petani yang lahannya mengalami serangan hama wereng diharapkan melaporkan kepada dinas untuk diambil tindakan penyeprotan secara kelompok agar dampak penyemprotan mampu mencegah hama meluas.
“Stok ini 2000 liter masih ada untuk 2 sampai 3 tahun masih cukup untuk hama yang umum seperti wereng, potong leher, santomonas. Tekhnis kita selama itu gerakan akan segera menyelesaikan masalah, kalau nyemprotnya tidak sama sama itu akan pindah pindah,” imbuhnya.
Selain hama wereng, petani di Kabupaten Magetan juga mengeluhkan adanya hama potong leher dan santomonas yang mengancam hasil panen padi petani. Meski mengalami serangan hama wereng namun kerugian dari petani masih dibawah angka 5 persen dari nilai hasil panen. (DmS)

Baca Juga:  Terkait Banjir Jl Sukowati, Ini Tanggapan Komisi D DPRD Magetan.

 282 total views,  3 views today