Connect with us

Pol&Pem

Ratusan Asset Pemerintah Daerah Magetan Belum Bersertifikat, Ini Langkah Pemkab

Published

on

Pemkab Magetan Masih Menunggu Kelanjutan Pelaksanaan PPKM Level 4.

Rasi Fm – Ratusan bidang tanah asset pemerintah daerah Kabupaten Magetan belum memiliki sertifikat. Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, saat ini asset pemerimtah daerah berupa tanah sebanyak 1.676 bidang tanah, dimana saat ini yang telah memiliki sertifikat sebanyak 725 bidang tanah sementara 951 bidang tanah saat ini belu bersertifikat. Menurutnya tahun 2021 pemerintah daerah mentargetkan 451 bidang tanah dimana hingga Bulan Agustus tahun ini sebanyak 331 aset pemerintah daerah telah masuk BPN untuk proses sertifikasi.
“1.676 bidang, yang sudah bersertifikat sebanyak 725 bidang, sisanya 851. Yang sudah 2021 targetnya kita 451 sertifikat. Yang sudah masuk daftar di BPN itu 331 di BPN,” ujarnya.
Bupati Magetan Suprawoto menambahkan, untuk mempercepat pelaksanaan sertifikasi lahan pemerintah daerah menggandeng sarjana pertanahan untuk mengurus pelaksanaan sertifikasi. Selain untuk mempercepat pelaksanaan sertifikasi asset pemerintah daerah, menggandeng sarjana pertanahan juga dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk memperluas pengalaman kerja sehingga kedepan mereka memiliki pengalaman untuk menyelesaikan proses sertifikasi tanah.
“ Saya juga merekrut tenaga dari luar, sarjana hukum yang muda yang belum kerja kita rekrut untuk membantu ini, kita tes secara terbuka. Kenapa kita mengambil langkah ini, kita diuntungkan kita terbantu sertifikat sehingga mengurangi konflik. Yang kedua memberikan peluang kepada anak anak itu, untuk memahami ini loh cara caranya sertifikat tanah, prakteknya sehingga siapa tahu diantara yang magang itu meneruskan ke notariat. Sudah punya pengalaman, karena selama ini jarang sekali kita memberikan peluang anak anak untuk menambah jam terbang,” imbuhnya.
Pemerintah daerah Magetan mentargetkan sertifikasi asset pemerintah daerah sebanyak 951 bidang akan selesai pada akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2023. Selain asset bidang tanah, pemerintah daerah saat ini juga masih mengupayakan sertifikasi jalan sesuai dengan peraturan pemerintah. (DmS)

Baca Juga:  Dukung Program Jawa TImur Bebas Pasung, Dinas Sosial Magetan Akan Kirim 10 ODGJ ke RSJ Menur Surabaya.

 375 total views,  3 views today