Connect with us

Budaya&Pariwisata

PT Inka Akan Kembangkan Alat Trasnportasi Bertenaga Listrik di Sarangan.

Published

on

PT Inka Akan Kembangkan Alat Trasnportasi Bertenaga Listrik di Sarangan.

Rasi Fm – Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur mendorong perkembangan wisata yang ramah lingkungan dengan menggunakan alat transportasi ramah lingkungan. Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, area destinasi Telaga Sarangan nantinya akan disterilkan dari kendaraan pengunjung sehingga dibutuhkan alat transportasi untuk menghubungkan area parkir dengan hotel serta area lainnya di Telaga Sarangan.
Saat ini pemerintah Kabupaten Magetan masih menjajagi kerjasama dengan PT Inka untuk pengembangan trasnportasi tersebut. Untuk bisa menjalin kerjasama dengan PT Inka Pemerintah daerah masih mengajukan pembentukan Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD.
“ Nanti akan disiapkan alat tarnsportasi bertenaga listrik, kita serahkan kepada ahlinya PT INKA, “Ini prosesnya masih di Kementerian, masih DED. Saya harapannya cepat karena ini sudah lama saya minta,” ujarnya usai pertemuan dengan PT Inka di Ruang Jamuan Kantor Bupati Magetan Jumat sore (17/06/2022).
Sementara Direktur Pengembangan PT INKA Madiun Agung Sedayu mengatakan, untuk meningkatkan pengunjung Sarangan harus ditingkatkan kualitasnya dengan ketersediaan green transportasi. Salah satu trasnportasi yang akan dikembangkan di Sarangan oleh PT Inka adalah perahu bertenaga lsitrik. “Pertama kali perahunya akan dikonfersi mungkin dengan perahu berbasis batrei dan listrik dimana kita tidak perlu lagi membeli bahan bakar bersubsidi dan polusi, biayanya lebih murah,” katanya.
Menurut Agung Sedayu PT Inka saat ini masih menunggu langkah pemerintah daerah untuk menyiapkan BUMD. Melalui BUMD tersebut pelaku wisata di Sarangan juga harus memiliki koperasi agar bisnis perahu di Sarangan dimiliki oleh warga.
“Kalau paguyuban perahu siap mendidikan koperasi kita siap mendukung, sehingga bisnis perahu listrik akan dimiliki oleh masyarakat Sarangan, bukan dimiliki oleh investor,” ucapnya. (DmS)

Baca Juga:  Dinas Pendidikan Magetan Akan Terbitkan Sejarah Sekolah.

 471 total views,  3 views today