Connect with us

Magetan's

PP Telah Terbit, Anggota Dewan Provinsi Gelar Sosialisasi Transformasi UPK ke Bumdesma.

Published

on

PP Telah Terbit, Anggota Dewan Provinsi Gelar Sosialisasi Transformasi UPK ke Bumdesma.

Rasi Fm – Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur Diana Amaliyah Verawatiningsih menggelar sosialisasi peraturan pemerintah PP No 11 tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa di Randu Gede. Dia mengatakan dengan adanya peraturan pemerintah terkait nasib UPK yang harus bertransformasi menjadi Bumdesma maka desa desa yang ada di Kabupaten Magetan harus segera mengetahui regulasi transformasi dari UPK menjadi Bumdesma.
Sasa menambahkan, transformasi ke Bumdesma selain memperjelas status hukum juga memperjelas asset yang dimiliki UPK. Bumdesma dalam aturannya tidak hanya bergerak pada usaha simpan pinjam namun juga bergerak dibidang usaha sehingga keberadaan Bumdesma secara ekonomi akan bisa memperbesar peluang pendapatan atau penghasilan sah lain bagi desa yang akan mendongkrak pendapatan desa.
“Desa desa harus sudah mulai mengetahui ini untuk mengetahui ini bumdesnya segara didaftarkan di Menkumham dan asset asset itu jelas status hukumnya karena nanti akan menjadi aset Bumdesma. Hasil dari Bumdesma bisa menjadi penghasilan sah lain ini bisa mendongkrak pendapatan desa,” ujarnya.
Melalui PP No 11 tahun 2021 pemerintah memberikan batasan hingga Bulan April 2023 bagi UPK untuk bertransformasi mennjadi Bumdesma. Diana Sasa mengaku siap menampung dan akan memberikan pendampingan kepada desa yang mengalami kesulitan melakukan transformasi dari UPK ke Bumdesma sesuai dengan ketentuan PP No 11 tahun 2021.
“Sebagai dewan saya berusaha untuk memfasilitasi, memediasi konflik yang kemungkinan terjadi. Nanti selain sosialisasi saya siap mendampingi, dalam proses itu ada perselisihan atau hal yang tidak bisa diselesaikan saya siap membantu. Mulai PMD Kabupaten kan mulai inventarisir nanti saya koordinasi dengan PMD mana mana yang perlu didampingi,” imbuhnya.(DmS)

Baca Juga:  Peringati HUT RI ke 76, Pemkab Magetan Akan Gelar Upacara Pengibaran Merah Putih di Alun Alun

 105 total views,  3 views today