Connect with us

Magetan's

Batu Berukuran 4 Meter di Kampung Wonomulyo Runtuh.

Published

on

Batu Berukuran 4 Meter di Kampung Wonomulyo Runtuh.

Rasi Fm – Batu besar berukuran 4 meter persegi di atas bukit Kampung Wonomulyo Desa Genilangit Kabupaten Magetan dilongsorkan oleh BPBD Kabupaten Magetan. Kepala BPBD Kabupaten Magetan Ari Budi Santosa mengatakan, upaya pelongsoran dilakukan untuk meminimalisir korban longsor karena kondisi batu besar yang berada diatas bukit tersebut sangat membahayakan mengingat dibawah bukit merupakan pemukiman warga. Kondisi batu juga sangat membahayakan karena saat ini hujan sering mengguyur Kampung Wonomulyo.
Ari Budi Santosa menambahkan, pelongsoran batu besar diatas bukit Kampung Wonomulyo setinggi lebih dari 20 meter tersebut atas permintaan warga yang khawatir terjadi longsor susulan. Sebelumnya hujan deras di Kampung Wonomulyo membuat rumah Gito terkena longsoran bukit yang membuat atap rumah mengalami kerusakan.
Upaya pelongsoran batu besar diatas bukit dilakukan setelah salah satu warga mengikhlaskan rumahnya terkena longsoran jika upaya pelongsoran batu besar yang dilakukan beresiko mengenai rumahnya. Beruntung dalam kegiatan pelongsoran batu besar tersebut tidak ada kerugian material dari warga karena tim yang terdiri dari BPBD Anggota TNI dan masyarakat berhasil membelokkan luncuran batu ke arah jalan raya.
“Batu itu sangat berbahaya, artinya diturunkan sekalian dengan kondisi sangat berbahaya. Kemarin kita sampaikan kepada pemilik rumah kalau kena rumah bagaimana, sudah direlakan, Akhirnya kita laksanakan tetapi dengan upaya tidak sampai kena rumah. Kita serongkan itu ke jalan akhirnya tidak kena rumah juga,” ujarnya.

Baca Juga:  Mobilitas Warga Magetan Dalam Penerapan PPKM Masih Tinggi, Ini Penyebabnya.

Pelongsoran batu besar di atas bukit Kampung Wonomulyo dilakukan dengan menyemprot dasar batu dengan menggunakan air. BPBD Kabupaten Magetan mengerahkan 2 unit mobil pemadam kebakaran untuk melakukan pelongsoran batu besar tersebut. Upaya pelongsoran batu besar di Kampung Wonomulyo untuk meminimalisir bencona longsor, karena kampong Wonomulyo yang dikelililingi bukit terjal berpotensi terjadi longsor saat musim hujan seperti saat ini. (DmS)

Baca Juga:  Ini Syarat Kabupaten Magetan Bisa Turun PPKM Level 2

 131 total views,  3 views today