Connect with us

Magetan's

Gelar Gerakan GRRPM, Diaspora Magetan Berharap Kembalikan Debit Air dan Cegah Bencana Longsor Serta Banjir

Published

on

Gelar Gerakan GRRPM, Diaspora Magetan Berharap Kembalikan Debit Air dan Cegah Bencana Longsor Serta Banjir

Rasi Fm – Diaspora Magetan yang diprakarsai oleh Agus Rahardjo, Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar gerakan Gotong Royong Reboisasi dan Penghijauan Magetan (GRRPM) dengan menanam 600.000 pohon di lahan kritis dan sejumlah bantaran sungai untuk mengembalikan sumber air di Kabupaten Magetan. Pelaksanaan yang akan dilakukan secara berkala tersebut diawali dengan kegiatan penanaman di kawasan Petak 86 B RPH Sarangan BPKH Lawu Selatan RPM Lawu DS pada hari minggu 28 novemer kemarin . Ketua Diaspora Agus Raharjo mengatakan, bibit yang ditanam dalam gerakan GRRPM merupakan bibit yang mampu menangkap air sehingga kedepan akan mampu mengembalikan debit air serta mencegah terjadinya longsor dan banjir.
“Tanaman yang banyak menyimpan air itu beringin, ada gayam, ada aren, ada kepuh, tapi kepuh tidak ada yang mau nanam. Jadi pohon itu yang kita upayakan untuk ditanam,” ujarnya.

Baca Juga:  HUT Lalulintas ke 66, Polres Magetan Gelar Vaksin Untuk Tunawisma dan Yatim Piatu

Agus Raharjo menambahkan, kegiatan Diaspora dalam kegiatan menggelar gerakan Gotong Royong Reboisasi dan Penghijauan Magetan (GRRPM) akan dilakukan secara berkelanjutan. Untuk mendukung gerakan tersebut Diaspora berharap adanya center bibit yang akan bisa mendukung keberlanjutan kegiatan Gotong Royong Reboisasi dan Penghijauan Magetan (GRRPM). Dengan adanya center bibit maka gerakan penghijauan akan bsia berlanjut dengan ketersediaan bibit yang berKualitas serta sesuai dengan keinginan warga untuk menanam.
“Masyarakat juga selektif, didatangkan duet di Parang tidak mau menanam karena duetnya lokal. Ini kan pekerjaan berlanjut 2022 ada lagi, 2023 ada lagi. Kalau bisa ada dukungan center bibit. Kalau ada center bibit bisa disuplai dari sini sendiri selain disumbang dari DAS Solo dan lain lainnya,” imbunya.
Melalui gerakan GRRPM Agus Raharjo berharap masyarakat turut terlibat dengan melakukan pemeliharaan terhadap bibit tanaman yang telah ditanam di wilayah masing masing. Dengan kegiatan GRRPM diharapkan mampu meminimalisir bencana benjir dan tanah longsor yang serign terjadi di Kabupaten Magetan. (DmS)

Baca Juga:  Riang Berbincang dengan Para Siswa, Puan Maharani Tinjau Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di SDN 1 Sawahan, Ngemplak, Boyolali

 131 total views,  3 views today