Connect with us

Pendidikan

Orang Tua Sering Gunakan Bahasa Indonesia Kepada Anak-Anak, Guru TK Mulai Kenalkan Bahasa Jawa Kepada Siswa.

Published

on

Orang Tua Sering Gunakan Bahasa Indonesia Kepada Anak-Anak, Guru TK Mulai Kenalkan Bahasa Jawa Kepada Siswa.

Rasi Fm – Guru TK di Kabupaten Magetan mulai mengenalkan bahasa jawa kepada siswa tingkat kanak kanak. Dwi Kinasih salah satu guru TK di Kecamatan Parang mengatakan, setiap Hari Rabu di sekolah yang dipimpinnya menggunakan bahasa jawa sebagai materi pelajaran dan komunikasi baik dengan sesama siswa maupun dengan guru. Melalui kegiatan tersebut siswa akhirnya lebih mengenal lebih jauh tentang jenis dan ragam bahasa jawa mengingat saat ini ibu muda lebih banyak menggunaan bahasa Indonesia dibandingkan dengan menggunakan bahasa jawa.
“Setiap hari Rabu itu pembelajaran pakai bahasa jawa, bicara dengan anak pakai bahasa jawa tidak pakai bahasa Indonesia. Kalau bicara dengan teman makan, itu maem, kalau dengan orang tua dahar seperti itu,” ujarnya.
Dwi Kinasih menambahkan, melalui pengenalan bahasa jawa siswa TK juga dikenalkan dengan unggah ungguh melalui penggunaan bahasa jawa yang berbeda. Melalui bahasa jawa siswa TK sudah dikenalkan dengan budi pekerti untuk menghormati orang tua dan menyayangi yang muda. Meski tidak mudah mengenalkan bahasa jawa kepada anak anak usia TK, namun Dwi Kinasih mengaku sangat penting menenalkan bahasa jawa sejak dini agar generasi mendatang memahami khasanah budaya dan adat istiadat orang jawa melalui bahasa.
“Sekarang itu ibu muda kalau punya putra atau putri bahasanya bahasa Indonesia jarang menggunakan bahasa jawa. Meski sulit bagi saya ya seneng saja,” imbuhnya.
Sebelumnya Bupati Magetan SUprawoto menghimbau kepada guru TK untuk lebih gencar mengenalkan bahasa jawa kepada siswa TK, karena melalui bahasa jawa bisa membentuk karakter generasi muda dengan belajar unggah ungguh, sopan santun serta berbudi pekerti. (DmS)

Baca Juga:  Gelar PTM, MIN 3 Magetan Pastikan Sarana Prasarana Prokes dan Persetujuan Dari Orang Tua Siswa

 116 total views,  3 views today