Connect with us

Pol&Pem

Nilai Kepala Desa Baleasri Salah Gunakan Uang Anggaran Desa Untuk Lunasi Hutang, Dinas PMD Magetan Akan Gelar Riksus.

Published

on

Nilai Kepala Desa Baleasri Salah Gunakan Uang Anggaran Desa Untuk Lunasi Hutang, Dinas PMD Magetan Akan Gelar Riksus.

Rasi Fm – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa PMD Kabupaten Magetan menilai ada kesalahan prosedur yang dilakukan oleh Kepala Desa Baleasri terkait belasan perangkat desa yang belum gajian sejak tahun 2021 lalu karena adanya anggaran desa yang digunakan oleh Kepala Desa untuk melunasi hutang KUR BNI 8 warganya. Harapannya dengan pelunasan maka 8 warganya nanti akan mendapat kucuran kembali KUR BNI untuk digunakan untuk melunasi pinjaman anggaran milik desa. Sayangnya meski dilunasi dengan pinjaman uang dari anggaran milik desa KUR BNI ke 8 warga Desa Baleasri justru tidak keluar yang berakibat belasan perangkat desa tidak menerima gaji.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magetan Eko Muryanto mengatakan, pihaknya tidak menemukan adanya kejanggalan dalam dalam seskuides dan SPJ juga telah dilaksanakan dan siltap telah diterima oleh Desa Baleasri sebelum Bulan Desember tahun 2021. Kegiatan monev Dinas PMD juga tidak menemukan adanya kejanggalan.
“Saya cek di sekuides kami itu selesai SPJ itu, artinya temen temen itu siltapnya diterima sebelum Desember, nyatanya SPJ ada, Kalau tidak ada SPJ kan tidak mungkin selesai. Monev di Kecamatan juga tidak menemukan, apapun bentuknya Kalau ini terjadi maka ini salah secara mall administrasi,” ujarnya.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magetan Eko Muryanto mengatakan, dengan kejadian tersebut dinas PMD akan melakukan pemeriksaan khusus atau riksus terkait permasalahan tersebut. Pihaknya masih menunggu pihak kecamatan Ngariboyo untuk melakukan monev.(DmS)

Baca Juga:  Kuota Inseminasi Buatan Subsidi Pemerintah di Kabupaten Magetan Hanya Sampai Bulan Juli, Non Subsidi Peternak Bayar Rp 70.000

 235 total views,  3 views today