Connect with us

Magetan's

Mengenal Sholat Lidaf’il Bala Rebo Wekasan di Pesantren Ar Rohman Tegal Rejo

Published

on

Mengenal Sholat Lidaf’il Bala Rebo Wekasan di Pesantren Ar Rohman Tegal Rejo

Rasi Fm – Ratusan masyarakat dan santri di Pondok Pesantren Ar Rohman Desa Tegal Rejo Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan menggelar sholat lidaf”il bala Rebo Wekasan pada Hari Rabu siang (7/10). Sholat lidaf”il bala Rebo Wekasan menurut Pengasuh Pondok Pesantren Ar Rohman Tegal Rejo Ridho Rifai merupakan sholat sunat untuk memohon kepada Allah agar dilindungi dari bala yang diturunkan oleh Nya.
Kegiatan sholat sunat lidaf’il bala berjamaah di Pondok Pesantren Ar Rohman dilaksanakan setelah sholat Dhuhur dimana kegiatan diawali dengan adzan secara bersama sama oleh peserta sholat. Adzan bersama sama tersebut dilakukan dengan menghadap ke segala penjuru mata angin dari posisi peserta sholat. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sholat dhuhur secara berjamaah. Usai Sholat Dhuhur para jamaah kemudian melaksanakan sholat 2 rokaat bakdiyah dan dilanjutkan dengan sholat lidaf”il bala sebanyak 4 rekaat secara berjamaah.
“Diawali dengan adzan bersama-sama dengan menghadap ke seluruh penjuru mata angin bagian, setelah itu kita melaksanakan Sholat Dhuhur berjamaah kemudian melaksanakan sholat 2 rokaat bakdiyah dan dilanjutkan dengan sholat lidaf”il bala sebanyak 4 rekaat 2 kali salam. Setiap rokaat setelah al-fatihah kita membaca Surah Al-Kautsar sebanyak 17 kali, syurat al – Ikhlas 5 kali. Surat Al Falaq 1 kali, dan Surat Annas 1 kali kemudian kita membaca doa tolak balak,” ujarnya.
Pengasuh Pondok Pesantren Ar Rohman Tegal Rejo Ridho Rifai menambahkan, kegiatan sholat lidaf”il bala Rebo wekasan berjamaah sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan setiap tahun. Dengan dialksanakannya sholat lidaf”il bala ditengah pandemic covid 19 diharapakan bangsa Indoensia mampu melalui masa pandemic dan covid covid 19 di Indonesai segera berakhir. Kegiatan sholat lidaf”il bala berjamaah merupakan bentuk permohonan doa kepada Allah selain menerapkan protocol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid 19.
Kegiatan sholat lidaf’il balak Rebo Wekasan diakhiri dengan membaca tasbih takmid dan takbir diakhiri dengan kenduri dan makan bersama sebagi bentuk rasa syukur atas segala karunia Allah.(DmS)

Baca Juga:  Bidik Pasar Kopi, Pemdes Ngiliran Akan Buka Kebun Kopi Seluas 150 Hektar.

 188 total views,  3 views today