Connect with us

Ekonomi

Masuk Musim Kemarau, Harga Komoditi Tomat di Magetan Meroket.

Published

on

Masuk Musim Kemarau, Harga Komoditi Tomat di Magetan Meroket.

Rasi Fm – Memasuki musim kemarau harga komoditas tomat di Pasar Sayur Plaosan mengalami kenaikan. Sabar petani tomat di Desa Puntukdoro mengatakan, sebulan terakhir harga tomat di tingkat petani mengalami kenaikan dari biasanya Rp 4.000 menjadi Rp 12.000. Kenaikan harga tomat menurutnya dipicu banyak petani yang gagal panen karena perubahan cuaca. Sebagian tanaman tomat petani mengalami gagal tumbuh bahkan mati, cuaca ekstrem juga membuat buah tomat yang dipanen petani kualitasnya kurang bagus.

Baca Juga:  Berkebutuhan Khusus Tak Surutkan Niat Waryono Tingkatkan Kualitas Produk Kripik Tempe dan Kripik Pisang Melalui Pelatihan

“Normalnya itu Rp 3.000 sampai Rp 4.000, sekarang melonjak minimal Rp 9.000. karena masalah cuaca, panennya jelek, tidak bagus,” ujarnya ditemui di sawahnya Minggu (21/05/2023)

Baca Juga:  Pastikan Kondisi Kesehatan Mereka, 44 Anggota DPRD Magetan Lakukan General Chek Up.

Sementara Harto salah satu pedagang tomat di pasar Sayur Plaosan mengatakan, harga normal tomat di pasar biasanya di kisaran Rp 3.000 hingga Rp 4.000, namun sulitnya pasokan membuat harga tomat melambung hingga Rp 12.000. Untuk mencukupi kebutuhan tomat di Pasar Sayur Magetan sejumlah pedagang memilih mendatangkan buah tomat dari sejumlah wilayah seperti Karanganyar, Kediri, Malang bahkan Bali dan daerah lainnya penghasil tomat.

Baca Juga:  BPRS Magetan Salurkan Pinjaman Kepada 2000 Pelaku UMKM Tanpa Agunan

”Tomat eceran Rp 10.000 biasanya Rp 12.000, tinggal barangnya, kalau tidak ada Rp 12.000 kalau banyak ya turun,” katanya. (DmS)

| Rasi, Radio Visual Pertama Magetan

 1,102 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *