Connect with us

Magetan's

Masih Zona Orange, Dindik Magetan Terapkan Belajar Daring Dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Published

on

Masih Zona Orange, Dindik Magetan Terapkan Belajar Daring Dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Masih Zona Orange, Dindik Magetan Terapkan Belajar Daring Dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Rasi Fm – Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan menerapkan belajar secara daring dalam Sistem Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi peserta didik baru tahun ajaran 2020-2021. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan Suwoto mengatakan, Kabupaten Magetan masih zona oranye sehingga sesuai SKB 4 menteri yaitu Mendikbud, Mentri agama, Menkes dan Mendagri kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Magetan dilakukan secara daring. SKB 4 menteri menyebutkan sekolah yang diperbolehkan KBM tatap muka atau masuk sekolah hanya bagi daerah yang masuk zona hijau dengan sejumlah persyaratan disamping melaksanakan protokol kesehatan. “Untuk mengawali KBM tahun ajaran baru 2020/2021 sekolah utamanya untuk SMP melakukan kegiatan virtual utamanya utk MPLS masa pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru. Tidak tatap muka atau masuk sekolah,” ujarnya.
Selain melalui daring, sejumlah sekolah juga menerapkan pembelajaran guru melakukan kunjungan ke rumah siswa yang dibuatkan group terbatas untuk belajar. Pelaksanaan guru berkunjung ke rumah siswa juga diterapkan dengan protokol kesehatan. Sejumlah sekolah juga membuat materi pengajaran dengan membuat video yang akan di upload di youtube sehingga orang tua siswa bisa mendownload dan mengajarkan kepada siswa. Mekanisme pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting juga dilakukan beberapa sekolah untuk menyampaikan pelajaran sekolah. “Intinya pembelajaran tahun ini dari TK hingga SMP kita lakukan secara daring. Sejumlah sekolah juga menggunakan aplikasi, ada juga guru yang melakukan kunjungan ke rumah siswa dengan membentuk kelompok belajar ,” imbuhnya.
Tahun ini Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan mencatat ada 5.819 siswa baru di kelas 7 sementara dari kelas 7 yag naik ke kelas 8 sebanyak 5.958 siswa dan kelas 8 yang naik kelas 9 sebanyak 5944 siswa. Jumlah total siswa SMP tahun ajaran baru 2020-2021 di Kabupaten Magetan sebanyak 17.721 siswa. Sementara jumlah siswa SD saat ini masih menyesuaikan karena masih ada tambahan terhadap pendaftaran siswa TK dan Paud. (DmS)

 37 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *