Connect with us

Magetan's

Mandiri Urus Penyaluran Pupuk, Kelompok Tani Desa Gebyog Pastikan Pupuk Bersubsidi Sampai di Tangan Petani

Published

on

Mandiri Urus Penyaluran Pupuk, Kelompok Tani Desa Gebyog Pastikan Pupuk Bersubsidi Sampai di Tangan Petani

Rasi Fm – Kelompok Tani di Desa Gebyog Kabupaten Magetan mandiri mengurus penyaluran pupuk bersubsidi dari pemerintah. Sebelumnya penyaluran pupuk bersubsidi ditangani oleh kios pupuk. Pengurus Kelompok Tani Desa Gebyog Gunawan mengatakan, dengan pengurusan mandiri oleh kelompok tani, jatah pupuk petani terbagi rata karena pembagian pupuk yang dibawah 10 kilogram dilakukan secara bersama sama dan bergotong royong oleh petani. 5 Kelompok tani di Desa Gebyog menerima 89 ton pupuk bersubsidi. Untuk musim tanam ke 3.
“Urea 30 ton, ZA 27 ton, Ponska 19,5 ton, Organik 9 ton, SP 4 ton. Dengan adanya kelompok tani mengambil alih kenyataan petani tidak dirugikan justru diuntungkan sudah di kemas sesuai jatah. SP kan jatahnya seperempat hektar kan Cuma 6 kilo,” ujarnya.
Gunawan menambahan, untuk pembagian pupuk bersubsidi yang mengalami pengurangan, kelompok tani melakukan dengan system menggunakan kartu control. Dengan managemen menggunakan kartu control seluruh petani menerima pupuk bersubsidi sesuai dengan luasan lahan yang dimiliki petani. Dengan kartu control maka petani tidak bisa mengambil pupuk sekehendak hati mereka karena akan mengurangi jatah petani lainnya.
“Nanti penyalurnya setelah dari sini dikasih kartu baru ngambil. Dulu yang waktu 2019 kan tidak. Pengurus baru ini mengunakan kartu control karena dengan pengurangan subsidi. Dulu yang uangnya banyak bisa beli, dulu nggak ada control, akhirnya kisruh,” imbuhnya.
Kelompok tani Desa Gebyog sebelumnya memprotes pembagian pupuk bersubsidi oleh kios yang tidak transparan terkait jumlah kuota yang menyebabkan petani kesulitan mendapat pupuk bersubsidi. Dengan pengurusan mandiri oleh kelompok tani, penyaluran pupuk bersubsidi dijamin lebih tepat sasaran. (DmS).

Baca Juga:  Tembus 82, setelah ada penambahan lagi 6 Orang (UPDATE)

 250 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *