Connect with us

Magetan's

Hubungan BPD Dengan Perangkat Desa Tak Harmonis, PMD: Piye Carane Nguwongke Uwong.

Published

on

Hubungan BPD Dengan Perangkat Desa Tak Harmonis, PMD: Piye Carane Nguwongke Uwong.

Rasi Fm – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyaakat Desa, PMD Kabupaten Magetan mengingatkan pentingnya komunikasi dan memahami tupoksi antara BPD dan kepala desa untuk menjalankan roda pemerintahan, pemerintah desa. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Magetan Eko Muryanto mengatakan, masih adanya miss antara BPD dengan kepala desa dikarenakan masih adanya perbedaan persepsi dalam menanggapi sebuah permasalahan padahal kedua belah phak merupakan mitra dalam menjalankan roda pemerintahan desa.
“Artinya mitra itu ya untuk bekerja sama, bukan dalam pihak saling berhadap-hadapan tapi bagaimana bisa bekerja sama membangun desa bersama sama. Semuanya punya wewenang dan tugas masing masing,”
Eko menambahkan, jika adanya perbedaan persepsi dalam menanggapi sebuah permasalahan di desa sebaiknya kedua belah pihak melakukan konsultasi ke Dinas PMD mengingat kedua belah pihak memiliki kewenangan masing masing. Menurutnya kedua belah pihak juga harus meninggalkan ego masing masing dan menghargai satu sama lainnya atas perbedaan pandang masing masing sehingga keputusan yang diambil akan benar benar berdampak pada kesejahteraan masyarakat.
“Yang penting itu gini, bgaimana kewenangan kewenangan ini bisa ketemu Tidak tumpang tindih, tidak over lap, BPD bisa menjalankan fungsinya selaku pengawas, apa yang harus diawasi apa yang harus dilaksanakan, pemerintah desa juga. Ini prinsipnya piye carane nguwongke uwong,” imbuhnya.
Dinas PMD menurut Eko akan selalu siap menampung permasalahan yang terjadi di pemerintahan desa dan akan mencarikan solusi jika perbedaan persepsi dalam menanggapi sebuah permasalahan terjadi di desa.(DmS)

Baca Juga:  Bupati Lantik Sekda dan 130 lebih Kepala SD dan SMP

 253 total views,  9 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *