Connect with us

Budaya

Lagi, Sutradara Magetan Sabet Kejuaraan Festival Film Kementrian.


Published

on

Lagi, Sutradara Magetan Sabet Kejuaraan Festival Film Kementrian.

Rasi Fm – Sutradara asal Kabupaten Magetan kembali berhasil menjuarai festival film yang diselenggarakan oleh TV Desa dibawah Kementrian Desa. Sutradara film Oglangan Winarto mengatakan, film yang digarap bersama sejumlah pemuda dari Desa Wonomulyo menyabet penghargaan nona asri.
“Nona asri itu diberikan untuk karya film yang mengangkat tema seniman desa dalam pandemic. Kemarin waktu daftar kan memang ikutnya kategori ini,” ujarnya.
Selain menang dalam kategori nona asri film oglangan yang memiliki durasi 15 menit tersebut juga berhasil menyabet penghargaan sebagai film favorit. Menjuarai sebagai film favorit film oglangan ditonton lebih dari 6.500 netizen dan sedikit mendapat dislike para netizen.
“Kalau fim favorit itu kan dihitung dari banyak likenya dan sedikit dislikenya, itu yang bisa meraih film favorite di tv desa. Kemarin itu totalnya 6500, tanggal 25 januari kemarin filmnya sudah ditarik dari youtube,” imbuhnya.
Film Oglangan menurut Winarto merupakan gambaran sebuah tantangan bagi generasi muda Kampung Wono Mulyo untuk tetap menggeluti kesenian tradisional music tongling. Film Oglangan menceritakan saat penting dimana grop music tongling harus tampil secara virtual di sebuah televise desa. Namun disaat penting untuk memperkenalkan seni music tradisional tersebut, listrik justru padam. Segala upaya mereka kerahkan agar mereka bisa tetap tampil di TV Desa meski secara tunda. Dengan semangat tak pernah menyerah, mereka akhirnya meminjam disel agar bisa tetap memainkan music tongling dan menyiarkan aksi mereka secara tunda. Melalui penampilan tersebut, mereka berharap kesenian tongling khas kampong mereka bisa dikenal oleh banyak orang. Beruntung ketika jam telah mendekati waktu siaran live, tiba tiba listrik menyala kembali sehingga mereka bisa melakukan siaran langsung. (DmS)

Baca Juga:  Kenalkan Handcraff, Pemkab Magetan Akan Bangun Rumah Promosi

 275 total views,  3 views today