Connect with us

Pendidikan

Guru Penggerak di Magetan Perkenalkan Kalender Jawa Dalam Giat Gelar Inovasi Guru.

Published

on

Guru Penggerak di Magetan Perkenalkan Kalender Jawa Dalam Giat Gelar Inovasi Guru.

Rasi Fm – Guru penggerak di Kabupaten Magetan memperkenalkan kalender jawa dalam kegiatan Semarak Pembukaan Gelar Karya Inovasi dalam rangka Hari Guru Nasional tahun 2023. Joko Maryanto salah satu guru di SMPN 4 Magetan mengatakan, pengenalan kalender jawa diperkenalkan dalam mata pelajaran Bahasa jawa. Pengenalan kalender jawa dimaksudkan untuk memperkenalkan penanggalan yang dilakukan oleh nenek moyang mereka sebagai bagian dari kebudayaan jawa.

Baca Juga:  Dinas Pendidikan Magetan Akan Terbitkan Sejarah Sekolah.

“Kalau di sekolah di Mapel Bahasa Jawa Itu dikenalkan sebagai bentuk kebudayaan jawa itu punya kalender jawa,” ujarnya.

Joko Maryanto menambahkan, melalui pengenalan hitungan jawa dimana setiap manusia memiliki neptu atau hari lahir yang dijumlah dengan hari pasaran dalam hitungan jawa, maka seseorang bisa merencanakan kegiatan secara baik melalui hitungan jawa. Menurutnya budaya kalender jawa yang dijabarkan melalui primbon saat ini mulai mengalami penurunan minat dari generasi muda untuk mempelajarinya, padahal melalui kalender jawa diajarkan bagaimana nenek moyang dahulu melakukan perencanaan dalam setiap kegiatan dengan mencari hari terbaik untuk melaksanakan hajat mereka.

Baca Juga:  Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan Akan Gelar PPDB Tahun Ajaran 2022-2023, Ini Prosentase Jalur Kuotanya.

“Hitungannya melalui neptu, dimana hari lahir di jumlah dengan hari pasaran atau saptoworo dan poncoworo,” imbuhnya.

Gelar Karya Inovasi dalam rangka Hari Guru Nasional 2023 dilaksanakan di GOR Ki Mageti berlangsung selama 2 hari dari tanggal 30 hingga 31 Oktober 2023. Kegiatan inovasi guru penggerak menampilkan sejumlah inovasi yang dilakukan dalam rangka penerapan kurikulum merdeka. (DmS)

Baca Juga:  Berhasil Gelar Ujian Sekolah Secara Tatap Muka, Dinas Pendidikan Magetan Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka Tahun Ajaran Baru

VISUAL NEWS klik

 506 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *