Connect with us

Magetan's

Ditengah Masa Pandemi, Anggaran Desa Masih Fokus Penanganan Covid

Published

on

Ditengah Masa Pandemi, Anggaran Desa Masih  Fokus Penanganan Covid

Rasi fm – Memasuki tahun 2021 anggaran APB Des masih akan terfocus pada anggaran penanganan covid 19. Kepala Dinas PMD Kabupaten Magetan Eko Muryanto mengatakan, meski menjadi prioritas dalam penanganan covid 19, namun prosentasenya dalam APBdes menyesuaikan dengan kebutuhan penanganan di desa masing masing yang dirapatkan melalui musyawarah desa.
“Kalau dulu kan 25, 30, 35, sekarang tidak lagi, tapi sesuai dengan real kebutuhan desanya masing masing. (artinya diserahkan ke pihak desa?) Iya dengan musdesa,” ujarnya.
Eko menambahkan, meski prioritas anggaran apbdesa tahun 2021 nantinya masih focus pada penanganan covid 19, namun harus diimbangi dengan prioritas lainnya seperti jaring pengaman sosial dan program pengungkit pemberdayaan ekonomi warga. Dengan adanya perimbangan anggaran di bidang penanganan covid 19 dan anggaran untuk program pengungkit pemberdayaan ekonomi warga diharapkan penanganan covid 19 bisa berlanjut dan perekonomian warga juga mengalami pertumbuhan.
“Tetap penanganan covid, kemudian jaring pengaman sosial BLT kemudian program pengungkit pemberdayaan ekonomi. Ini dimulai dari PKTD, kemudian menghidupkan pemberdayaan masyarakat yang mengarah kepada pertumbuhan ekonomi, mengarahnya kesana,”imbuhnya.
Sejumlah kepala desa di Magetan saat ini mulai melakukan inovasi dengan mengembangkan usaha yang mampu mendongkrak kesejahteraan warga dengan melihat potensi tanaman baru yang bernilai ekonomis tinggi seperti tanaman porang dilakukan oleh kepala desa Milangasri. Sementara kepala Desa Gebyog memaksimlakan potensi desa yang sempat terhenti seperti menghdupkan Pamsimas, memaksimalkan penyaluran pupuk bersubsidi dan pemutihan Bank Kredit Desa dimana dana yang dikembalikan masyarakat bisa di gunakan untuk pemberdayaan kegiatan masyarakat. (DmS)

Baca Juga:  Pemkab Magetan Terima Bantuan Sarana Polindes dari Negara Jepang

 133 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *