Connect with us

Magetan's

Cegah Radikalisme, BNPT Kedepankan Konsep Pembangunan Kesejahteraan

Published

on

Cegah Radikalisme, BNPT Kedepankan Konsep Pembangunan Kesejahteraan

Rasi Fm – Cegah radikalisme Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng Pemprov Jawa Timur untuk melaksanakan program deradikalisasi dengan konsep pembangunan kesejahteraan. Kepala BNPT Boy Rafli Amar mengatakan, tahun ini pihaknya mempersiapkan kawasan terpadu untuk program lanjutan realisasi terhadap exs napiter dengan keterlibatan pembagunan fisik maupun non fisik. Pemerintah juga akan mempersiapkan kegiatan perekonomian bagi eks napiter baik pertanian maupun dari bidang UMKM sehingga para eks Napiter akan suskses dalam bidang perekonomian.
Sementara pembanguan non fisik untuk mencegah generasi muda terpapar radikalisme, BNPT mempersiapkan sosialisasi pemahaman terhadap nilai-nilai nasionalisme melalui pembangunan karakter ke Indonesiaan. Dengan terawatnya ideologi nasional berdasarkan Pancasila maka generasi muda akan memahami bahayanya ideologi terorisme sehingga mampu menangkal faham radikalisme.
Boy Rafli Amar juga menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap sumbangan sosial yang saat ini disalah gunakan oleh sekelompok tertentu untuk pendanaan kegiatan radikal. BNPT menghimbau pihak yang memberikan sumbangan atau CSR kepada pihak-pihak pengelola yang telah terpercaya untuk menghindari penggunaan anggaran untuk kegiatan radikalisme.
“ Kita terus perlu merawat nilai-nilai kebangsaan ini dengan baik agar ideologi terorisme tidak bisa masuk ke kalangan generasi muda. Kalau kalangan generasi muda kita nanti gagal paham terhadap bangsanya sendiri, ideologi terorisme bisa mudah masuk,” ujarnya.
Sementaa Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, program Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang sudah masuk ke Magetan diantaranya adalah Forum keserasian sosial dan kearifan lokal di Kelurahan Selosari dan Desa Temboro. Program Pelatihan ketrampilan UMKM dan bantuan alat kerja yang bekerjasama dengan rumah kreatif dan dinas koperasi UMKM. Pengadaan balai latihan kerja BLK di pondok pesantren AL Muslimin desa Sumberagung dimana program-program sangat membantu dalam proses pembangunan wilayah Magetan. (DmS)

Baca Juga:  Resmi Beroperasi, Ini Harapan Bupati Kepada Pengelola Parang Hill.

 105 total views,  3 views today