Connect with us

Magetan's

Antisipasi Longsor dan Banjir, BPBD Kabupaten Magetan Akan Pasang Early Warning System (EWS)

Published

on

Siaga Bencana Antisipasi Longsor, BPBD Magetan Buka Posko Di Kecamatan Poncol

Rasi Fm – Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Magetan akan memasang peralatan Early Warning Sytem di Destinasi wisata Sarangan untuk mengantisipasi adanya bencana tanah longsor. Kepala BPBD Kabupaten Magetan Ari Budi Santosa mengatakan, selain di Sarangan di masa musim hujan dengan cuaca ekstrem BPBD Kabupaten Magetan juga akan memasng EWS untuk mengantisipasi bencana Banjir di Desa Ngelang.
Ari Budi Santosa menambahkan, selain melakukan pemasangan EWS, BPBD juga melakukan pelatihan kepada masyarakat untuk memahami tanda tanda yang ditangkap EWS sebagai tanda siap siaga terhadap bencana yang akan datang. Dengan pelatihan diharapkan Masyarakat Desa Tangguh bencana juga akan mampu merawat EWS sehingga bencana tanah longsor dan banjir bisa diantisipasi.
“Sarangan juga akan kita pasang, anggaran dari BPBD daerah, kalau banjir di Ngelang juga akan dipasang, Kemarin sosialisasi , BNPB hadir, camatnya hadir memberi pelatihan, memberikan penguatan destananya di sana. Itu upaya kuratif kalau preventifnya membuat pintu air, meninggikan paving,” ujarnya.
BPBD Kabupaten Magetan saat ini telah memasng 7 EWS di sejumlah titik lokasi yang rawan bencana baik bencana longsor maupun bencana banjir. (DmS)

Baca Juga:  PTM di Magetan Rencananya Digelar Senin Depan, Ini Aturan Yang Harus Diterapkan Sekolah.

 97 total views,  3 views today