Connect with us

Magetan's

Buat Gerakan Penghijauan, Mantan Ketua KPK Ini Berharap Ada Mata Air Dan Pemberdayaan Masyarakat

Published

on

Buat Gerakan Penghijauan, Mantan Ketua KPK Ini Berharap Ada Mata Air Dan Pemberdayaan Masyarakat

Rasi Fm –Diaspora Kabupaten Magetan menginisiasi gerakan penghijauan di sejumlah titik yang rawan terjadi bencana kekeringan dan tanah longsor. Inisiator diaspora Kabupaten Magetan Agus Raharjo mengatakan, dalam rangka memperingati HUT ke 346 Kabupaten Magetan inisiator diaspora Kabupaten Magetan Agus Raharjo secara simbolis menyerahkan bibit pohon yang akan ditanam dalam program penghijauan kepada Bupati Magetan. Upaya penghijauan terpadu diharapkan akan mampu mengembalikan sejumlah lokasi sumber air yang bisa tumbuh disaat kawasan tersebut ditanami.
Dalam gerakan kembali menanam pohon yang dilakukan menurut Agus Raharjo akan melibatkan langsung peran serta masyarakat dalam penanaman maupun dalam perawatannya. Pohon yang akan ditanam nantinya juga merupakan pohon produksi yang bisa memberikan dampak perekonomian kepada masyarakat sekitar.Dengan keteribatan masyarakat untuk menanam merawat dan mengawasi diharapkan kegiatan reboisasi akan berhasil, sehingga akan berdampak pada masyarakat dengan kembali munculnya sejumlah mata air yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.
“Ditempat itu kan nanti warga akan mendapat penghasilan tambahan, jadi harus didorong masyarakat untuk pohon itu ada yang merawat, pohon itu ada yang meyakini mereka bahwa dampaknya itu kepada mereka. Apalagi kalau nanti 3, 4 tahun kedepan atau 5 tahun mendatang kemudian airnya betul betul bertambah itu akan menyadarkan mereka bahwa kegiatan ini betul betul berguna,” ujarnya.

Baca Juga:  Ribuan Warga Magetan Ikuti Vaksinasi di GOR Ki Mageti

Sebeumnya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan telah melakukan pemetaan terhadap sejumlah kawasan seperti di Gunung Blego Kecamatan Parang yang rencanaya akan digunakan untuk gerakan penghijauan. (DmS)

Baca Juga:  Lomba Film Kementerian Desa, Pemuda Kampung Wonomulyo Filmkan Musik Tongling

 112 total views,  3 views today