Connect with us

Magetan's

Terkendala e KTP Lansia Yang Belum Aktif, Pemkab Magetan Libatkan Dispenduk Lakukan Vaksinasi.

Published

on

Terkendala e KTP Lansia Yang Belum Aktif, Pemkab Magetan Libatkan Dispenduk Lakukan Vaksinasi.

Rasi Fm – Pemerintah Kabupaten Magetan akan melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk melakukan vaksinasi kepada lansia karena selama pelaksanaan vaksinasi, sejumlah warga lansia kesulitan mengakses sertifikat vaksin disebabkan e KTP milik mereka yang belum diaktifkan. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magetan Cahaya Wijaya mengatakan, meski terkendala e KTP yang belum aktif para lansia tersebut tetap divaksin. Sementara terkait proses pendataan untuk sertifikasi covid 19 dilakukan secara manual.
“Kemarin 1000 ada 200 dari Magetan sama Sukomoro. Yang penting kita layani dulu masyarakatnya jadi tetap kita vaksin, kemudian datanya kita kumpulkan nanti diaktivasi oleh masing-masing dari Dispenduk atau dari Kecamatan. Yang kemarin harus dimasukkan secara manual. Kemarin ada beberapa catatan kemarin dia sudah vaksin tapi ternyata di data basenya belum masuk karena ada kendala kendala seperti ini, tapi kita layani tidak mungkin kita tolak,” ujarnya.
Untuk mempermudah proses pendataan sertifikasi vaksin bagi lansia yang e KTP nya belum aktif pemerintah daerah rencananya akan melibatkan Dispenduk Capil Magetan untuk langsung mengaktifkan e KTP lansia yang melaksanakan vaksin sehingga para lansia tersebut bisa langsung menerima sertifikat vaksin. Mayoritas lansia di Magetan tidak melakukan aktivasi e KTP mereka, karena dari 1.000 lansia yang melakukan vaksinasi 200 e KTP mlik mereka belum diaktifkan.
“Hari Minggu nanti Dispenduk juga hadir di sana, jadi secara khusus di komputernya nanti begitu trouble dia langsung cek disitu. tu nanti juga ada toko di sini jadi di tempat. Vaksin nanti juga ada kode vaksin. Jadi ditempat ampul suntiknya ada kodenya antara niknya sama kode vaksinnya itu sinkron enggak enggak bisa ditipu, “ imbuhnya.
Pemerintah Kabupaten Magetan saat ini menggencarkan pelaksanaan vaksin kepada 103.000 lebih lansia atau 20 persen dari jumah penduduk di Kabupaten Magetan. Para lansia tersebut sangat rentan terhadap penyebaran covid 19 karena lebih dari 50 persen korban meninggal karena covid 19 di Magetan adalah lansia. (DmS)

Baca Juga:  Ratusan Asset Pemerintah Daerah Magetan Belum Bersertifikat, Ini Langkah Pemkab

 208 total views,  3 views today