Connect with us

Pol&Pem

Petani Kesulitan Dapat Pinjaman KUR, Anggota DPRD Provinsi Jatim Soroti Syarat Pengajuan.

Published

on

Petani Kesulitan Dapat Pinjaman KUR, Anggota DPRD Provinsi Jatim Soroti Syarat Pengajuan.

Rasi Fm – Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Diana Sasa mempertanyakan sulitnya BRI Cabang Magetan memberikan pinjaman KUR bagi petani porang di Kabupaten Magetan. Anggota Fraksi PDIP Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur tersebut mengatakan, petani porang di Magetan yang mengeluh kesulitan mendapatkan pinjaman KUR mencapai puluhan.
Diana Sasa menambahkan, porang menjadi perhatian khusus Presiden Jokowi dan menjadi komoditas unggulan untuk ekspor saat ini. Bahkan pemerintah juga sudah membuka kran kredit usaha rakyat (KUR) untuk petani porang. Menurutnya petani porang yang telah melakukan MOU dengan perusahaan yang menjamin pembelian hasil panen harus dipermudah untuk pengajuan KUR. Syarat adanya perjanjian kerja sama dengan perusahaan penjamin pembelian hasil panen petani porang di Magetan juga menjadi syarat pengajuan kredit di BRI Magetan. Hal tersebut terungkap saat Diana Sasa melakukan pembicaraan dengan Kepala Pimpinan Cabang BRI Magetan. Sayangnya petani porang di Magetan yang telah melakukan kerja sama dengan PT Paidi Indo Porang Indonesia masih kesulitan mendapatkan kucuran KUR.
Dari 95 petani porang di Kabupaten Magetan yang telah mengajukan pinjaman KUR di Magetan hanya 7 petani yang mendapat kucuran pinjaman KUR. Besaran pinjaman KUR yang diberikan juga terbilang kecil karena dari pengajuan 50 juta petani hanya mendapat pinjaman 10 hingga 25 juta rupiah.
“Jadi kalau ada perusahaan penjamin BRI lebih mudah memberikan karena ada jaminan pembelian hasil panen. Ok, saya sampaikan ke petani, ternyata petani petani itu sudah kerjasama dengan PT Paidi. Tapi ternyata dari 95 pengajuan cair itu baru sekitar 7, itupun cairnya sangat jauh dari pengajuan Petani itu butuhnya minim 50 juta, itu cair ada yang 5 juta 10 juta 20 juta,” ujarnya.
‘ (DmS)

Baca Juga:  Program P3TGAI di Desa Ngariboyo Permudah Petani Lakukan Irigasi Kawasan Lebih 60 Hektar

 175 total views,  3 views today