Connect with us

Magetan's

Petani Di Bogorejo Keluhkan Bantuan Sumur dan Mesin Panen Padi Yang Tidak Maksimal Pemanfaatannya.

Published

on

Petani Di Bogorejo Keluhkan Bantuan Sumur dan Mesin Panen Padi Yang Tidak Maksimal Pemanfaatannya.

Rasi Fm – Sejumlah petani di Desa Bogorejo Kecamatan Barat Kabupaten Magetan mengeluhkan bantuan sumur dan peralatan pertanian yang tidak bisa difungsikan karena diduga tidak sesuai dengan kondisi di lapangan. Bendahara Kelompok Tani di Desa Bogorejo Suyadi mengatakan, bantuan sumur dari pemerintah yang mereka terima 3 tahun lalu tidak berfungsi. Menurutnya bantuan sumur juga tidak tepat sasaran karena banyak petani di Desa Bogorejo yang sudah memiliki sumur sendiri.
“Sumur dangkalnya tidak keluar airnya. Setiap petani di Bogorejo kan sudah punya sumur air dangkal semua. Katanya ini sudah program ya sudah,” ujarnya.
Suyadi menambahkan, selain bantuan sumur, bantuan peralatan panen seperti combi juga tidak bisa maksimal dimanfaatan untuk memanen padi milik petani. Peralatan pertanian tersebut diduga tidak sesuai dengan kondisi lahan pertanian di Desa Bogorejo sehingga tidak bisa maksimal penggunannya.
“Waktu uji coba itu tidak maksimal. Lambat banget. Kalau kita kerja biasanya satu hektar sehari ini tidak bisa. Sampai satu hektar. Waktu itu harus banyak pembenahan,” imbuhnya.
Menurut Suyadi seharusnya selain bisa meringankan kerja petani juga harus dilihat dari kebutuhan di wilayah yang akan dibantu. Menurutnya bantuan sepeti mesin perontok padi manual lebih bermanfaat bagi petani karena bisa membuka peluang kerja dibandingkan dengan bantuan combi.
“Bantuan dari pemerintah itu harus berorientasi pada kepentingan umum. Contoh traser combi itu yang kerja Cuma sedikit. Sedangkan dos kan banyak, jadi penyerapan tenaga kerja musimannya juga banyak,” katanya.
Bantuan peralatan mesin pertanian menurut Suyadi juga butuh biaya yang cukup tinggi untuk operasional. Menurutnya lebih efisien jika bantuan peralatan pertanian didesanya masih bersifat manual. (DmS)

Baca Juga:  Jangan Dikupas, Kulit 4 Buah Ini Justru Mengandung Banyak Zat Baik Bagi Tubuh

 217 total views,  24 views today