Connect with us

Pendidikan

Peringati Hari Guru, Bupati Magetan Pilih Ngontel dan Mengajar.

Published

on

Peringati Hari Guru, Bupati Magetan Pilih Ngontel dan Mengajar.

Rasi Fm – Peringati hari guru Bupati Magetan, Jawa TImur memilih menggenjot sepeda ontelnya pulang pergi dari Kantor Bupati menuju ke sekolah SMPN 2 Magetan. Selain melaksanakan upacara bendera dan pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi, Bupati Magetan Suprawoto juga mengajar di kelas. Dia mengaku sejak menjadi mahasiswa sudah menjadi pengajar hingga menjadi guru SMP di Surabaya dan menjadi dosen sejak tahun 1986.
Suprawoto menambahkan, menjadi guru dibutuhkan dedikasi yang tinggi mengingat tanggung jawab guru adalah membina anak didik untuk memiliki akhlak yang baik. Dia juga mengajak siswa untuk menghormati guru karena tanggung jawab guru yang besar untuk bisa membentuk karakter anak.
Turun langsung ke sekolah menurut Suprawoto juga langkah pemkab Magetan untuk memantau pelaksanaan protocol kesehatan di sekolah. Di Kabupaten Magetan prosentase masyarakat yang telah divaksin telah mencapai 72 persen, sementara vaksin lansia jumlah prosentasenya telah mencapai 66 persen.
“ Guru mempunyai tanggung jawab yang besar, karena dikasih amanah untuk mewarnai anak, Tingkah laku anak ke depan itu juga sumbangsih dari guru,” ujarnya.
Bupati Magetan mengaku prihatin dengan kekuranagn guru di Magetan dengan banyaknya guru yang memasuki masa pensiun. Setiap bulan tidak kurang dari 25 guru di Magetan memasuki masa pensiun. Di tahun 2024 mendatang bahkan ada 1000 guru yang akan memasuki masa pensiun. Upaya menanggulangi kekurangan guru yang dilakukan pemerintah daerah Magetan selama ini adalah dengan mengalokasikan rekrutmen tenaga pendidik sebanyak 70 persen dari kuota. (DmS)

Baca Juga:  Ini Alasan Pemkab Magetan Membuka Gratis Pendidikan Setara Diploma 1.

 94 total views,  6 views today