Connect with us

Magetan's

Pelantikan PPS Lamongan Terbanyak Di Jatim

Published

on

Pelantikan PPS Lamongan Terbanyak Di Jatim

Pelantikan PPS Lamongan Terbanyak Di Jatim

Kabupaten Lamongan memiliki Panitia Pemungutan Suara (PPS) terbanyak se-Jawa Timur. Hal tersebut disampaikan Divisi Perencanaan dan Data KPU Propinsi Jawa Timur Choirul Anam, saat pelantikan PPS Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubernur Jatim 2018 di GOR Lamongan, Kamis (23/11).

“Kabupaten Lamongan memiliki desa dan kelurahan terbanyak di Jawa Timur, yakni 474. Sementara tiap desa dan kelurahan memiliki 3 PPS, jadi total jumlahnya ada 1.422 PPS. Ini adalah yang terbanyak di Jawa Timur,” ungkap Choirul Anam.

Dia menjelaskan bahwa Jawa Timur merupakan propinsi dengan kabupaten/kota terbanyak, yakni 38 kabupaten/kota, dengan jumlah pemilih kurang lebih 32 juta jiwa.

Kemudian terdapat 666 kecamatan, 8.497 desa dan kelurahan serta 68.084 TPS. Sementara jumlah kesluruhan personil yang dibiayai guna pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun 2018 mendatang sebanyak kurang lebih 737 ribu orang.

Namun Choirul Anam mengingatkan soal partisiapsi Kabupatan Lamongan yang termasuk sedang pada Pilgub sebelumnya, yakni sekitar 60 persn. Dia menargetkan dalam Pilgub nanti Lamongan bisa memiliki tingkat partisipasi sebesar 77 persen.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Lamongan Fadeli mengungkapkan rendahnya tingkat partisipasi di Lamongan karena banyaknya warga yang berada di perantauan. Terutama yang berada di wilayah utara.

“Rendahnya tingkat partisipasi Kabupaten Lamongan dalam pemilihan umum dikarenakan banyaknya warga Lamongan yang merantau, terutama yang berada di wilayah utara. Jadi ini memang menjadi tugas yang berat bagi PPK dan PPS yang baru saja dilantik, “ pesan dia.

Fadeli menegaskan agar nantinya PPK dan PPS terlantik melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait Pilgub 2018 mendatang, kapan dan bagaimana tahap-tahapannya. Harapannya agar masyarakat tahu dan datang ke TPS saat pemilihan berlangsung dan tingkat partisipasi masyarakat meningkat.

Dia juga berpesan agar pelaksanaan Pilgub Jawa Timur Tahun 2018 mendatang berjalan lancar, aman dan tertib. Sehingga siapapun nanti yang terpilih, mampu membawa Jawa Timurmenjadi lebih baik.

Sedangkan menurut Ketua KPU Lamongan Imam Ghozali, 1.422 PPS ini terpilih dari 4.500 pendaftar yang telah melewati beberapa seleksi. Baik adminstrasi, tes tulis maupun wawancara.

PPS ini diangkat berdasarkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan Nomor : 29/Kpts/KPU-Kab-014-329744/2017 tentang Pengangkatan Anggota Panitia Pemungutan Suara se-Kabupaten Lamongan Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018.

Di Kabupaten Lamongan, terdapat kurang lebih. 1.050.000 daftar pemilih, yang sampai dengan saat ini data itu masih terus dimutakhirkan.

 37 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *