Connect with us

Politik

Pasien Terkonfirmasi Positif Corona Melonjak, Ini Jawaban Pemkab Magetan.

Published

on

Pasien Terkonfirmasi Positif Corona Melonjak, Ini Jawaban Pemkab Magetan.

Pasien Terkonfirmasi Positif Corona Melonjak, Ini Jawaban Pemkab Magetan.

Rasi Fm – Lonjakan pasien terkonfirmasi positif covid 19 di Kabupaten Magetan bertambah pada Jumat (28/08). Dalam sehari sebanyak 34 pasien dinyatakan terkonfirmasi covid 19. Sekretaris Satgas Penanganan Percepatan Covid 19 Kabupaten Magetan Ari Budi mengatakan, melonjaknya jumlah pasien terkonfirmasi positif virus covid 19 dikarenakan banyaknya jumlah sampel swap dari Magetan yang dikirim ke Surabaya dan hasil swap keluar secara bersamaan. Akibat lonjakan jumlah pasien terkonfirmasi positif covid 19 membuat pihaknya akan mengetatkan pengawasan terhadap penggunaan masker oleh warga. Satgas juga menghentikan sementara kegiatan belajar secara tatap muka di salah satu sekolah karena berada di kawasan pasien terkonfirmasi positif covid 19.
“Laboratoriumnya keluarnya bareng bareng kemarin dari beberapa hari itu, jadi sehingga numpuk jadi satu sekalian. Yang dipending itu hanya satu sekolah karena berdekatan dengan , iya itu satu desa atau hampir berdekatan desanya,” ujarnya.
Sementara Ketua Penanggulangan Covid 19 Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Didik Setyo Margono mengatakan, pasien terkonfirmasi positif covid 19 merupakan hasil dari tracing yang dilakukan kepada 132 warga. Dari 132 hasil swap yang keluar menyatakan 34 pasien terkonfrmasi positif. Dinas Kesehatan kemudian kembali mengirim 185 sample swap ke laboratotium di Surabaya. Dari jumlah pasien terkonfirmasi positif covid 19 di Magetan sebanyak 3 orang dan Hari Minggu tidak ada tambahan pasien terkonfirmasi. Untuk menanggulangi covid 19, 22 puskesmas di Magetan aktif melakukan tracing.
“Hasil tracing kita banyak. Yang kita kirim ada 132, setelah itu kita ngirim lagi 185. Belum keluar yang 185. Kita Insyaallah puskesmas sudah bisa semua tracing ambil swap sudah bisa. Kalau memang paling banyak minta bantuan kepada dinkes, dinkes turun membantu,” katanya.
Meningkatnya jumlah pasien terkonfirmasi positif covid 19 menurut Didik karena terkait kedisiplinan warga untuk menerapkan protokol kesehatan yang mulai menurun. Di awal covid 19 masyarakat menerapkan proteksi ketat sehingga angka penularan covid 19 minim. Namun perkembangan saat ini dimana pemerintah melonggarkan aturan justru membuat disiplin warga mengenakan masker mulai menurun. (DmS).

 34 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *