Connect with us

Magetan's

Operasikan Laboratorium Mobil PCR, Pemkab Magetan Siap Membantu

Published

on

Operasikan Laboratorium Mobil PCR, Pemkab Magetan Siap Membantu

Rasi Fm – Pemerintah Kabupaten Magetan, mulai meresmikan operasional laboratorium PCR mobile seharga 3,8 miliar rupiah. Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, selain melayani kebutuhan pemeriksaan specimen swab dari Magetan laboratorium mobile PCR juga akan difungsikan untuk membantu pemeriksaan laboraotium specimen swab covid 19 Kabupaten lainnya. Dengan adanya mobile container laboratorium real time PCR BSL 2, pemerintah Kabupaten Magetan hanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam untuk mengetahui tes swab. Mobile container laboratorium real time PCR BSL 2 milik pemkab Magetan ini dilengkapi 2 unit PCR yang mampu menangani 500 sample uji swab dalam sehari
“ Sehari kalau nonstop bisa 400 sampai 500, jadi cepat. Nanti kalau kabupaten manapun minta bantu akan kita bantu. Dan reagennya itu bisa produk mana aja, jadi kalau software opensource. Ini Senin bisa kita mulai namun visitasi Pemprov baru Selasa,” ujarnya di Pendopo Surya Graha.
Bupati Magetan Suprawoto menambahkan, selain untuk kebutuhan memproses pemeriksaan laboratorium specimen swab covid 19, laboratorium mobile PCR juga bisa digunakan untuk kebutuhan pemeriksaan penyakit TBC dan pemeriksaan penyakit dalam lainnya. Mobile container laboratorium real time PCR BSL 2 milik pemkab Magetan juga dilengkapi dengan peralatan pengolah limbah medis. Limbah medis seperti bekas swab maupun limbah pipetting akan dipanaskan disuhu tinggi melalui alat auto claff.
“ Ketika saya memutuskan membeli mobil ini saya tanya dulu efektifitas dan efisiensinya. Taruhlah covid hilang fungsinya bisa digunakan untuk pemeriksaan penyakit TBC dan lain sebagainya, kalau sekali pakai saya tidak akan beli,” imbuhnya.
Selain memiliki laboratorium mobile, pemerintah daerah Kabupaten Magetan juga telah membangun laboratorium PCR di RSUD Sayidiman untuk menangani virus covid 19 yang rencananya dioperasikan akhir bulan Oktober mendatang.(DmS)

Baca Juga:  Kekurangan Guru dan Murid, Pemkab Magetan Regrouping Sekolah Dasar

 154 total views,  3 views today

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *