Connect with us

Magetan's

Mengenal Durian Saman Dari Plangkrongan.

Published

on

Mengenal Durian Saman Dari Plangkrongan.

Rasi Fm – Desa Plangkrongan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan mengembangkan durian Saman untuk dibudidayakan oleh warga. Kepala Desa Plangkrongan Wawan Setyobudi mengatakan, pemerintah desa membagikan sekitar 2.000 batang durian saman untuk di budidayakan oleh warga dengan harapan nantinya durian saman akan menjadi produk unggulan Desa Plangkrongan.
“Kami ingin Desa Plangkrongan yang terkenal durian stoknya selalu ada, kedepan kami akan menginventaris pohon lama ini kendalanya apa, terus masyarakat yang nanam baru ini apa. Setelah kita menginventaris permasalahan kita bisa berkembang ke depan. Orang sekarang sudah tahu, tetapi tidak terkelola dengan baik,” ujarnya.
Wawan Setyobudi menambahkan, Durian Saman merupakan asli varian durian dari Desa Plangkrongan yang dibudidayakan oleh warga yang bernama Pak Saman. Pohon Durian Saman merupakan durian yang dibudidayakan oleh leluhur Bapak Saman dan telah berusia lebih dari 100 tahun. Pemerintah Desa Plangkrongan membudidayakan durian saman dengan sistem sambung pucuk sehingga kualitas tanaman budidaya sama dengan durian saman yang menjadi indukan.
Durian saman memiliki keistimewaan daging buah yang keset dan pulen dengan rasa manis yang pas. Durian saman juga mempunyai warna kuning keemasan dengan berat rata rata lebih dari 3 kilogram perbuah. Keistimewaan durian saman lainnya adalah kemampuan beradaptasi yang mampu tumbuh bagus di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Keistimewaan lainnya adalah Durian Saman mampu bertahan satu minggu pasca dipetik untuk mempertahankan rasa dan bentuk utuh durian.
“Dia keset, warnanya cenderung kuning, jadi menarik dari segi warna. Dari rasa gurih, baunya lebih wangi tapi tidak enek atau mual. Dari segi besaran buah lebih kecil dari montong mungkin 3 kiloan. Dari pohon bisa ditanam di beberapa ketinggian,” ujarnya.
(DmS).

Baca Juga:  Dari Uang Jimpitan, Pemuda Kampung Meri Desa Sumber Sawit Merubah Wajah Kampung Yang Kusam Dimasa Pandemi Menjadi Kampung Pelangi.

 498 total views,  3 views today