Connect with us

Magetan's

Ini Langkah Mudah Bagi Pemula Penghoby Bonsai Ala Sutrisno, Pengurus Komunitas Bonsai Magetan

Published

on

Ini Langkah Mudah Bagi Pemula Penghoby Bonsai Ala Sutrisno, Pengurus Komunitas Bonsai Magetan

Rasi Fm – Keindahan bonsai, atau tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas, dipastikan akan menarik perhatian siapapun. Membuat pohon tua yang besar menjadi sebuah miniature bonsai tentunya membutuhkan waktu yang lama dan tekhnik yang sangat rumit. Tentunya membutuhkan keahlian yang sulit untuk membuat sebuah bonsai. Namun siapa sangka, jika anda tertarik menggeluti hoby bonsai ada langkah mudah yang bisa anda lakukan. Salah satu pengurus Komunitas Bonsai Magetan KBM Sutrisno mengatakan, membuat bonsai itu tidak serumit kelihatannya, hanya butuh kesabaraan dan telaten. Ditambah dengan kecintaan pada keindahan tanaman seorang pemula sudah bisa mahir membentuk bonsai di tahun ke 4.
Sementara untuk media belajar, pemula bisa menggunakan tekhnik dangkel atau budidaya. Menurut penghoby bonsai sejak belasan tahun lalu tersebut, kedua tekhnik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Belajar bonsai dengan menggunakan dangkel atau tanaman seperti serut yang sudah berusia puluhan tahun yang banyak terdapat di area persawahan maupun kebun di Magetan bisa mempersingkat waktu. Namun kekurangannya adalah penghoby tidak bisa menentukan bentuk tanaman bonsai yang akan dibentuk. Penghoby hanya bisa menyesuaikan batang tanaman yang ditemukan. Itupun membutuhkan waktu paling cepat 4 tahun untuk bisa membentuk bonsai yang memiliki prospek untuk dilombakan.
“ Kalau dari alam dari persawahan atau perkebunan contohnya serut, wahong, kelampis. Hebatnya wahong itu kalau sudah tua sudah membentuk fosil. Diambil batangnya saja sudah kelihatan karakternya seperti sudah berusai ratusan tahun,” ujarnya.
Sementara jika penghoby menggunakan tekhnik budidaya, maka penghoby bisa menetukan pohon apa yang akan di bentuk bonsai dan bisa menentukan bentuk pohon yang akan dijadian bosnai dengan cara menanam langsung. Waktu yang dibutuhkan juga hampir sama, yaitu sekitar 4 tahun untuk bisa memiliki pohon bonsai yang mempunyai prospek untuk di lombakan.
Meski memiliki waktu pembentukan yang sama, namun menurut Sutrino dengan menggunakan tekhnik budidaya seorang penghoby bonsai mempunyai ruang yang luas untuk membentuk pohon bonsai sejak dini. Seorang penghoby juga akan mempunyai waktu panjang untuk mengikuti proses pembentukan pohon sehingga bisa menjadi sebuah bonsai.
“ Dibilang tidak lama ya minimal tetap 5-6 tahun baru kelihatan itu bonsai. untuk membentuknya. Sebenarnya budidaya sama dangkel itu sama saja, cuman budidaya kalau tidak punya lahan nunggunya kelamaan. Kalau dangkel itu langsung bisa dikasih pot karena dongkelannya sudah besar. Tapi kalau budidaya paling tidak membutuhkan pembesaran yang cukup lama,” imbuhnya.
Jadi untuk bisa menggeluti hoby bonsai tidak butuh waktu lama, namun butuh ditumbuhkan kecintaan pada keindahan tanaman, telaten merawat serta sabar mengikuti pertumbuhan tanaman yang akan dijadiakan bonsai. (DmS)

Baca Juga:  Janda Penjual Sayur di Desa Gebyog Ini Malah Tidak Pernah Dapat Bantuan Ditengah Warga Mampu Menerima BPNT

 366 total views,  3 views today