Connect with us

Magetan's

Empat Kecamatan, 9 Desa 113 Rumah Terdampak Banjir di Magetan

Published

on

Empat Kecamatan, 9 Desa 113 Rumah Terdampak Banjir di Magetan

Rasi Fm – Sebanyak 4 Kecamatan 9 Desa dan 113 rumah terdampak banjir di Magetan dari meluapnya sungai Beringin yang membuat air setinggi 30 centimeter melintasi bangunan Bendung Selotinatah. Kepala Pelaksana (Kalaksan) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan Ari Budi Santosa mengatakan, data tersebut masih data sementara dimana BPBD masih melakukan pendataan lanjutan. Pemerintah daerah melalui BPBD langsung memberikan sejumlah bantuan kepada warga yang terdampak banjir pada Selasa malam lalu.
“Kalau Kecamatan 4 desa 9 kalau rumah 113 rumah. Sore terjadi bencana kita lakukan evakuasi mulai jam 10 kita berikan bantuan berupa selimut, bahan makan cepat saji, tikar,” ujarnya.
Ari menambahkan, pasca bencana banjir yang merendam 113 rumah pemerintah daerah melakukan rehabilitasi terhadap infrastruktur jembatan serta melakukan pendataan terhadap kerusakan rumah warga. Untuk mengantisipasi bencana banjir dan longsor BPBD Kabupaten Magetan akan memaksimalkan fungsi early warning system yang dipasang di 6 titik lokasi.
“yang pertama kita mengerjakan rehabilitasinya dulu. Setelah selesai kita rencanakan bagaimana kalau terjadi bencana kita tangguh. Itu yang penting baik dari segi SDM maupun sarana prasarana yang ada. 6 early warning sytem kita pasang di lokasi pegunungan untuk gempa untuk longsor kita pasang di kali seperti di Ngelang,” imbuhnya.
Sebelumnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan ke sejumlah titik jembatan yang ambrol dan perumahan warga yang terdampak banjir. Gubernur akan menitik beratkan pada normalisasi sungai dan pembangunan kembali jembatan mengingat jembatan merupakan pendukung mobilitas warga untuk memulihkan perekonomian. (DmS)

Baca Juga:  Bulan Ramadhan Pemkab Magetan Prioritaskan Vaksin Bagi Pengurus Masjid.

 327 total views,  3 views today