Connect with us

Magetan's

Desa Krowe Targetkan Pengairan dan Pengembangan Pabrik Pembuat Pakan Kelinci.

Published

on

Desa Krowe Targetkan Pengairan dan Pengembangan Pabrik Pembuat Pakan Kelinci.

Rasi Fm – Desa Krowe Kecamatan Lembeyan kabupaten Magetan tahun ini akan mengembangkan pembuatan pakan pellet kelinci dan peningkatan pemberdayaan petani dengan membangun sumur air dalam agar petani bisa bertanam di musim tanam ketiga di masa pendemi covid 19. Kepala Desa Krowe Sarbini mengatakan, saat ini salah satu warganya telah mampu membuat pakan pellet dalam skala produksi untuk kebutuhan pakan kelinci. Pasaran pellet pakan kelinci tersebut bahkan telah mencakup Pulau Jawa bahkan luar pulau Jawa.
“Pakan kelinici itu pabriknya sudah ada disini, nanti tahun 2022 masyarakat mau dilatih bagaimana cara membuat pakan kelinci nanti kita anggarkan,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemerintah Belum Cairkan Santunan Warga Meninggal Karena Covid 19.

Selain pengembangan pmbuatan pakan ternak kelinci untuk peningkatan pendapatan warga, pemerintah desa Krowe juga berencana akan membangun sumur air dalam untuk memenuhi kebutuhan air pertanian dimasa tanam ketiga. Selama ini petani kesulitan air untuk melakukan tanam ke tiga saat memasuki musim kemarau. Dengan keberadaan sumur bor tersebut petani memiliki alternative untuk menanam tanaman polowijo karena ketersediaan air untuk mengairi sawah mereka.
“Untuk sumur tadah hujan dibantu sumur warga bisa 2 kali tanam padi sekali tanam polowijo, dibantu sumur warga tapi biayanya tinggi,” imbuhnya.
Saat ini Desa Krowe yang berpenduduk sekitar 7.000 jiwa menerima pendanaan ADD dan DD sebesar 2 milyar rupiah. Selain untuk anggaran pembagunan infrastruktur dan penanganan covid, Pemerintah Desa juga menganggarkan kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat.(DmS)

Baca Juga:  Warga di Magetan Tolak Gedung SD Dijadikan Ruang Isolasi Pasien Covid-19.

 224 total views,  3 views today